Kode MMI Tidak Valid Indosat? Penyebab & Cara Mengatasi

Buat pengguna Indosat, pernahkan mengalami Kode MMI Tidak Valid saat sedang cek pulsa?. Jika pernah berikut akan gsmtrik jelaskan penyebab dan cara mengatasinya.

Kode MMI Tidak Valid Indosat

Gsmtrik.com – Menjadi pengguna provider Indosat untuk melengkapi kebutuhan mobile / gadget memang masih banyak dipilih masyarakat. Hal ini bisa dibilang karena layanan yang diberikan Indosat terbilang sangat bagus mulai dari kualitas jaringan, sinyal, harga paket data & pulsa yang relatif terjangkau bila dibandingkan dengan provider lain.

Namun sebagai pengguna Indosat, seperti di atas kami sampaikan mungkin ada dari kalian yang pernah mengalami gagal cek pulsa dan justru keluar notifikasi Kode MMI tidak valid Indosat. Munculnya notif tersebut jelas membuat kalian bertanya apa itu kode MMI serta apa penyebab & bagaimana cara mengatasi kode MMI tidak valid.

Apa Itu Kode MMI Indosat

Apa Itu Kode MMI Indosat

Masalah kode MMI tidak valid Indosat memang seringkali membuat para penggunanya merasa bingung. Padahal ketika notif tersebut muncul di saat melakukan cek pulsa terkadang posisi sinyal bisa dibilang cukup bagus. Alhasil disaat kode MMI muncul hal ini tentu tak akan membuat kalian bisa tahu berapa sisa pulsa yang dimiliki.

Namun apakah kalian sudah tahu apa itu kode MMI Indosat? Mungkin sebagian dari kalian sudah paham dan tahu. Namun kami juga yakin tidak semua pengguna Indosat paham dan tahu apa itu kode MMI. Oleh karena itu sebelum membahas masalah penyebab dan cara mengatasi kode MMI tidak valid Indosat.

Dibawah ini akan gsmtrik.com coba jelaskan secara singkat apa yang dimaksud dengan kode MMI Indosat.

Jadi kode MMI Indosat merupakan sebuah kumpulan kode yang terdiri dari angka dan simbol karakter * dan juga #. Dimana kode ini berfungsi untuk melakukan perintah pada server provider Indosat guna melakukan sesuatu seperti cek pulsa, cek paket data atau lain sebagainya.

Dan MMI sendiri merupakan singkatan dari Man Machine Interface. Adapun contoh kode MMI Indosat seperti *123#, *888#, *555# dan lain sebagainya. Dimana umumnya setiap provider punya kode MMI sendiri dengan fungsi dan kegunaan yang mungkin tidak sama.

Penyebab Kode MMI Tidak Valid Indosat

Nah seperti apa yang sudah kami singgung, ketika kode MMI tidak valid maka perintah yang di miliki oleh kode tersebut tidak akan bisa ditampilkan hasilnya. Sebagai contoh ketika ingin cek pulsa, maka dengan adanya kode MMI tidak valid jelas kalian tidak bisa melihat sisa pulsa di HP.

Begitu juga ketika kalian menggunakan kode MMI untuk cek sisa paket data atau program maupun promo lain yang sedang ditawarkan oleh Indosat. Lantas apa sih sebenarnya hal yang menjadi penyebab error / tidak validnya kode MMI Indosat tersebut?.

Dari penelusuran gsmtrik.com serta dari pengalaman pribadi sebagai pengguna provider Indosat, berikut adalah beberapa hal yang bisa dibilang sebagai penyebab kode MMI tidak valid Indosat.

  • Kode MMI tidak valid kemungkinan besar terjadi karena adanya bug / problem pada sistem HP yang digunakan baik itu berbasis android maupun ios.
  • Kesalahan kode MMI yang kalian masukkan / gunakan.
  • Kendala terjadi pada jaringan / sinyal dari provider Indosat yang sedang tidak stabil / kurang bagus.
  • Adanya pengaturan pada bagian jaringan yang kurang tepat.
  • Terdapat tumpukan sampah / cache di HP yang digunakan.

Itulah beberapa penyebab utama yang mungkin menjadikan notifikasi kode MMI tidak valid saat kalian melakukan cek pulsa, cek imei, cek paket data atau promo lain yang ditawarkan oleh Indosat. Lantas bagaimana cara kita mengatasi masalah tersebut?.

Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid Indosat

Tentunya ketika ada masalah seperti di atas kami jelaskan kalian tidak perlu khawatir / takut. Karena sebenarnya ada beberapa metode atau cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah kode MMI tidak valid Indosat.

Nah buat kalian para pengguna Indosat, berikut adalah beberapa tips metode yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah kode MMI error.

1. Cek Ulang Kode MMI Digunakan

Terkadang kode MMI tidak valid bisa terjadi karena masalah input kode yang dilakukan kita sebagai pengguna kurang tepat / salah. Untuk itu ketika kalian mengalami masalah ini pastikan hal pertama yang dapat dilakukan untuk mengatasinya yakni cek ulang kode MMI tersebut.

Dengan melakukan hal ini setidaknya kalian bisa memastikan kembali bahwa penulisan / penggunaan kode MMI sudah sesuai dan tepat sehingga hasil yang diinginkan pun akan muncul di layar HP.

2. Aktifkan Mode Pesawat Sesaat

Kemudian cara kedua yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kode MMI tidak valid yakni dengan mencoba mengaktifkan mode pesawat. Dengan cara ini nantinya akan membantu perangkat dalam mendapatkan sinyal ulang.

Nah pada saat yang bersamaan, coba langsung saja ketikkan kode MMI yang ingin digunakan lalu panggil. Dari pengalaman pribadi jika memang sedang tidak ada gangguan dari jaringan cara ini cukup ampuh mengatasi masalah tersebut.

3. Restart HP / Perangkat

Selanjutnya cara lain yang bisa diandalkan untuk mengatasi masalah kode MMI tidak valid Indosat maupun provider lain yakni dengan merestart HP. Umumnya masalah apapun yang sifatnya ringan bisa diatasi dengan menggunakan metode ini.

4. Rubah Jaringan Dari 4G ke 3G / Sebaliknya

Tidak banyak orang yang tahu bahwa salah satu cara mengatasi masalah kode MMI tidak valid yakni dengan melakukan perubahan pada jaringan 4G ke 3G atau sebaliknya dari 3G ke 4G.

Metode ini dapat dilakukan langsung dari halaman pengaturan di HP masing-masing. Namun kemungkinan langkah yang dimiliki tiap tipe HP akan berbeda. Yang jelas kalian masuk ke menu pengaturan jaringan.

5. Clear Junk Files

Metode lain untuk mengatasi masalah kode MMI tidak valid yakni dengan menghapus junk files atau file sampah yang telah menumpuk di dalam memori HP internal. Terkadang banyaknya tumpukan sampah membuat HP lemot dan mengganggu sistem dalam menjalankan perintah.

Bahkan kode MMI tidak valid Indosat juga seringkali terjadi / muncul karena masalah ini. Jadi tentunya untuk bisa mengatasinya silahkan hapus file sampah tersebut dari internal HP kalian dengan cara.

  • Masuk pengaturan
  • Pilih aplication manager
  • Cari dan pilih aplikasi telepon
  • Kemudian klik hapus data & cache
  • Selesai.

6. Cabut SIM Card Sementara

Cara terakhir yang bisa kalian manfaatkan / gunakan untuk mengatasi masalah kode MMI tidak valid di provider Indosat saat ingin cek pulsa, paket data / imei yakni dengan mencabut SIM card yang sedang kalian gunakan.

Cabut kurang lebih selama 1 – 2 menit kemudian masukkan kembali dan nyalakan HP. Terkadang cara ini juga cukup ampuh dalam mengatasi problem ini.

Akhir Kata

Jadi masalah kode MMI tidak valid jelas membuat kita sebagai pengguna cukup menjengkelkan. Apalagi ketika hal ini terjadi di saat kondisi yang benar-benar sedang dibutuhkan. Namun seperti yang sudah gsmtrik.com rangkum di atas.

Kalian tidak perlu merasa khawatir, karena ada beberapa cara yang dapat digunakan sebagai solusi terbaik mengatasi kode MMI tidak valid Indosat. Sekian dan semoga apa yang sudah gsmtrik sampaikan bisa bermanfaat.

Sumber Gambar: gsmtrik.com, google.com

You May Also Like

About the Author: Hasto