9 Cara Merawat Baterai iPhone & Menjaga Kesehatan 2020

iPhone merupakan salah satu perangkat yang banyak digunakan masyarakat Indonesia. Pengguna iPhone tentunya ingin bisa awet dalam penggunaan sampai dengan tahunan. Salah satunya adalah cara merawat baterai iPhone supaya bisa tetap awet. Dengan cara mengisi baterai iPhone yang benar misalnya akan memperpanjang kesehatannya.

Cara merawat baterai tanam Oppo kurang memiliki beberapa persamaan dengan iPhone. Walaupun dari sisi operasi sistem dan kapasitas baterai berbeda namun tetap ada cara perawatan yang hampir serupa. Setiap perangkat elektronik tentunya memiliki usia penggunaan, jadi bukan hal yang mustahil untuk mengembalikan kesehatan baterai iPhone.

Cara Merawat Baterai iPhone

Cara Merawat Baterai iPhone

Dengan cara perawatan yang benar maka secara otomatis akan meningkatkan kapasitas baterai iPhone. Kalian juga bisa melakukan cara kalibrasi baterai iPhone agar mengembalikan kapasitas maksimum. Penyebab dari daya baterai iPhone menurun memang kadang berasal dari usia atau bahkan pemakaian. Supaya lebih aman GSMTrik.com sudah merangkum bagaimana cara merawat baterai iPhone seperti berikut.

1. Jangan Simpan iPhone Pada Suhu Ekstrim

Jangan Simpan iPhone Pada Suhu Ekstrim

Cara pertama untuk merawat baterai adalah dengan menyimpan iPhone kalian pada suhu ruangan yang benar benar aman. Untuk iPhone usahakan suhu ruangan antara 20° hingga 45° C. Hindari pula untuk memakai iPhone dengan suhu lingkungan diatas 35° C karena mampu merusak kinerja baterai permanen.

2. Hindari Pengguna Case Ketika Mengisi Daya

Hindari Pengguna Case Ketika Mengisi Daya

Bahan case yang terlalu tebal akan membuat iPhone kalian panas saat diisi baterainya. Jadi coba untuk mengindari ngecas dengan memasang casing karena hanya akan membuat iPhone panas. Pengaruh utamanya sudah pasti kesehatan baterai iPhone jadi turun, sehingga baiknya lepas case saat mengisi daya.

3. Hindari Baterai iPhone Drop

Hindari Baterai iPhone DropCara berikutnya adalah jangan sampai baterai iPhone habis dan mati. Biasanya baterai akan cepat rusak apabila sering drop yang disebabkan oleh daya tidak stabil. Ketika baterai iPhone sudah akan habis biasakan untuk langsung cas saja.

4. Merawat Baterai Dengan Menghindari Over Charge

Merawat Baterai Dengan Menghindari Over Charge

Salah satu sebab mengapa baterai cepat rusak adalah karena over charge dimana iPhone terlalu lama dicharger. Apabila terus menerus diisi daya meski baterai iPhone sudah penuh maka akan membuat hardware aus dan rawan rusak. Ketika sudah penuh baterainya usahakan mencabut chargernya.

5. Matikan iPhone Ketika Dicas

Matikan iPhone Ketika Dicas

Kami sarankan matikan iPhone saat aktivitas charging supaya suhu baterai lebih stabil. Apabila iPhone terus digunakan saat dicas maka akan membuat suhu terus berubah bahkan bisa panas. Dengan mematikan iPhone kalian maka proses charging akan berjalan normal tanpa gangguan suhu.

6. Menggunakan Charger Original Bawaan iPhone

Menggunakan Charger Original Bawaan iPhone

Selalu gunakan charger bawaan pabrik iPhone karena akan menjamin keawetan baterai. Jangan menggunakan charger sembarangan baik kepala maupun kabelnya. Dengan charger yang benar baterai akan terisi maksimal tanpa perubahan arus atau bahkan suhunya. Namun apabila charger kalian rusak ataupun hilang silahkan beli pengganti yang original.

7. Cara Merawat Baterai iPhone Lewat Kalibrasi

Cara Merawat Baterai iPhone Lewat Kalibrasi

Kalibrasi baterai iPhone merupakan proses mengatur ulang supaya kondisinya seperti baru kemudian membuat OS dapat membaca kapasitas aslinya. Dengan kalibrasi kalian dapat merawat bateri iPhone karena mampu menyinkronkan daya antara hardware maupun softwarenya. Lebih lengkapnya simak dibawah ini.

  • Kamu tinggan gunakan iPhone sampai dengan mati sendiri alias baterainya habis.
  • Minimal 2 jam jangan hidupkan kemudian diamkan saja.
  • Setelah itu charger iPhone kalian tunggu sampai dengan 100%. Jangan digunakan sampai kapasita baterai maksimal.
  • Apabila sudah sampai 100% hidupkan iPhone kemudian rasakan perbedaannya.

8. Atur Low Power Mode Serta Brightness Layar

Atur Low Power Mode Serta Brightness Layar

Lakukan pengaturan brightness sesuai kenyamanan kalian, jangan sampai terlalu terang karena akan boros baterai. Kamu bisa memanfaatkan auto brightness supaya kecerahan layar bisa mengikuti penggunanya.

Kalian juga bisa menggunakan fitur Low Power Mode untuk menghemat pemakaian baterai. Secara otomatis menggunakan mode ini akan mengurangi kecerahan dan memaksimalkan performa iPhone kamu.

9. Mengganti Baterai iPhone

Mengganti Baterai iPhone

Cara merawat baterai iPhone juga dapat dilakukan dengan mengganti ke baterai baru. Hal ini dilakukan apabila baterai kamu memang sudah benar benar rusan dan drop. Bahkan pada kasus tertentu sampai hamil atau menonjol dimana dayanya cepat habis. Kamu bisa ganti baterai iPhone langsung di iBOX ataupun konter terdekat.

Kalian juga bisa membersihkan cache iPhone untuk menbuat kinerjanya lebih ringan sehingga hemat baterai. Sebenarnya dengan beberapa cara mudah kalian bisa merawat baterai iPhone supaya lebih awet dalam penggunaan. Namun jika memang baterai terlalu banyak bermasalah maka salah satu cara paling tepat adalah replace dengan yang baru.

You May Also Like

About the Author: Hasto

Sangat suka dengan hal yang berhubungan dengan dunia teknologi, game dan gadget dimana saat ini menjadi Co-Founder di Gsmtrik.