9 Cara Mengatasi Baterai Kembung & Memperbaiki 2020

Baterai merupakan elemen yang penting pada sebuah smartphone. Dengan daya baterai pengguna dapat menggunakan smartphone baik sisi hardware maupun softwarenya. Salah satu masalah baterai yang sering dihadapi adalah mengembung. Oleh karena itu cara mengatasi baterai kembung sangat penting dilakukan supaya tidak terjadi kerusakan pada komponen lain.

Cara merawat baterai tanam maupun baterai yang bisa dicopot tentunya agak berbeda. Jika terjadi kembung maka kalian bisa mencopot baterai untuk menggantinya. Berbeda dengan baterai tanam yang dipasang secara permanen dimana susah untuk dilepas. Paling banyak solusi untuk baterai tanam jika mengalami kembung adalah menggantinya.

Cara Mengatasi Baterai Kembung

Cara Mengatasi Baterai Kembung

Namun ternyata ada beberapa cara lain untuk mengatasi baterai kembung. Beberapa cara yang bisa dilakukan tergolong unik untuk mengembalikan kondisi baterai seperti normal. Saat mengatasi baterai kembung kamu juga perlu berhati hati mengingat terdapat daya listrik didalamnya. Supaya lebih jelas kamu simak saja cara mengatasi baterai kembung dari GSMTrik.com berikut.

1. Hentikan Sementara Proses Charging

Cara pertama adalah dengan menghentikan pengecasan HP sementara waktu. Bisa jadi penyebab baterai kembung adalah dari proses charging yang tidak sempurna. Apabila ternyata baterai sudah kembung maka kamu usahakan jangan cas dulu sampai baterainya kempes.

2. Mengatasi Baterai Kembung Menggunakan Jarum

Cara berikutnya adalah menggunakan jarum untuk menusuk bagian baterai, memang sedikit aneh namun berhasil untuk beberapa jenis HP. Syarat utamanya adalah baterai berjenis Li-ion dimana memang sering dijumpai kembung.

Tanpa harus mengeluarkan biaya banyak kamu bisa mengatasi baterai kembung. Langsung saja buka penutup case belakang lalu tusukkan jarum dibagian aman baterai. Utamakan tusuklah dibagian baterai kembungnya.

Mengatasi Baterai Kembung Menggunakan Jarum

Pelan pelan baterai mengeluarkan gas yang terperangkan didalam sehingga kempes. Namun kamu perlu berhati hati karena jika salah tusuk maka bisa saja meledak.

3. Cara Mengatasi Dengan Memasukkan ke Freezer

Kemudian cara berikutnya adalah memasukkan baterai yang kembung ke freezer kulkas kalian. Hal ini bertujuan untuk mengurangi gas dalam baterai yang bersumber dari elemen elektroda serta elektrolit.

Cara Mengatasi Dengan Memasukkan ke Freezer

Bungkus baterai dengan plastik lalu masukkan ke freezer, tujuannya agar gas berkurang sehingga baterai mengempis dan dapat digunakan kembali. Pastikan baterai sudah benar benar kering sebelum dipasang kembali karena kandungan air akan beresiko merusak komponen lainnya.

4. Mengatasi Baterai Kembung Dengan Dikipasi

Salah satu penyebab baterai kembung adalah karena panas dari smartphone. Kamu bisa mengipasi HP sampai suhu baterai dingin. Biasanya ketika suhu dingin maka baterai akan perlahan lahan mengempis.

5. Mendiamkan Baterai Kembung

Mendiamkan Baterai Kembung

Cara berikutnya kamu cukup mendiamkan baterai sampai dengan kempis sendiri. Usahakan HP kamu dalam keadaan mati sehingga tidak ada daya yang bekerja. Tunggulah sampai dengan baterai kembung kembali ke ukuran semula.

6. Hindari Penggunaan Dengan Aplikasi Berat

Berikutnya apabila sudah ada tanda bahwa baterai kembung maka cara mengatasinya adalah dengan menghindari pemakain aplikasi ataupun game yang berat. Biasanya ketika penggunaan smartphone secara penuh akan sangat mempengaruhi baterai. Bisa jadi setelah kembung malah baterai akan drop dan tidak bisa menghidupkan smartphonenya.

7. Cara Mengatasi Menggunakan Charger Original

Kemudian berikutnya adalah menggunakan charger original dimana memiliki daya listrik yang sudah disesuaikan dengan smartphonenya. Ketika baterai kembung jangan sekali kali memakai charger yang abal abal atau bahkan meminjam merek lainnya.

8. Hindari Pengisian Baterai Berlebihan

Hindari Pengisian Baterai Berlebihan

Jika sudah muncul tanda tanda baterai kembung maka kamu harap berhati hari ketika mengisi daya. Pastikan jangan berlebihan dalam pengisian karena dapat lebih merusak baterai. Usahakan jika sudah 100% langsung cabut dan jangan biarkan lama terpasang. Jangan juga tinggalkan charging dari malam hingga pagi karena overcharging.

9. Mengganti Baterai Yang Kembung

Cara terakhir adalah dengan mengganti baterai kembung dengan yang baru. Usahakan kamu mengganti baterai pada service center resmi supaya spare partnya benar benar asli. Penggunaan baterai pengganti dengan merek abal abal tidak akan awet ketika digunakan untuk jangka waktu lama.

Tak hanya Android, kamu juga bisa melakukan cara merawat baterai iPhone supaya tidak kembung. Untuk mengatasi baterai kembung memang dapat dilakukan dengan cara diatas. Namun jika kondisi baterai sudah terlanjur parah maka kamu bisa langsung mengganti dengan yang baru agar tidak merembet ke komponen lainnya.

You May Also Like

About the Author: Hasto

Sangat suka dengan hal yang berhubungan dengan dunia teknologi, game dan gadget dimana saat ini menjadi Co-Founder di Gsmtrik.