4 Cara Keluar dari ColorOS Recovery Oppo Tanpa Menghapus Data

Cara keluar dari ColorOS Recovery Oppo bisa dibilang cukup mudah dilakukan. Namun banyak dari pengguna baru belum mengetahuinya. Jika kalian salah satunya, dibawah ini sudah gsmtrik.com siapkan langkah dan panduan lengkapnya.

Cara Keluar dari ColorOS Recovery Oppo Semu Tipe

Gsmtrik.com – Sistem operasi android merupakan sebuah OS yang bisa dibilang sangat fleksibel. Pasalnya sistem operasi milik Google ini dapat diimplementasikan dengan cukup banyak user interface atau UI. Bahkan sampai dengan saat ini hampir setiap pabrikan smartphone punya User Interface khas mereka.

Jika Samsung lekat dengan One UI lalu Xiaomi dengan MIUI, Oppo sebagai salah satu vendor smartphone ternama juga punya user interface khas dengan nama ColorOS. Namun apapun user interfacenya, semua sistem operasi android pasti punya mode recovery. Termasuk Oppo, lantas bagaimana cara keluar dari ColorOS Recovery Oppo?.

Apa Itu Recovery Oppo?

Sebelum kita bahas lebih lanjut mengenai langkah dan cara tepat keluar dari ColorOS recovery Oppo, kami yakin ada dari sebagian pengguna yang bahkan belum tahu apa itu mode recovery dan juga fungsi mode recovery pada HP Oppo.

Maka dari itu, sebelum kita bahas topik utama kita kali ini. Mari kita kenali dulu apa yang dimaksud dengan mode recovery pada sistem operasi android dan juga beberapa fungsi utamanya. Sehingga pembahasan dibawah akan lebih mudah kalian pahami dengan seksama.

Buat kalian yang belum mengetahui secara pasti, Recovery Mode di sistem operasi android adalah mode boot terbatas (menu) yang disematkan untuk membuat pengguna dapat mengembalikan sistem ke pengaturan awal atau bahkan stock rom awal.

Tak hanya sampai disitu saja, recovery mode pada android juga seringkali digunakan untuk membantu setiap pengguna melakukan beberapa hal. Termasuk di antaranya seperti:

  • Menginstal pembaruan sistem operasi secara manual.
  • Melakukan backup ROM.
  • Untuk melakukan factory reset.
  • Menginstal tweak (sistem/aplikasi tambahan) bisa dilakukan saat kondisi HP di root.
  • Serta lain sebagainya.

Nah setelah kalian mengetahui apa yang dimaksud dengan recovery Oppo seperti di atas kami sampaikan, lantas apakah ada beda antara mode recovery standar bawaan sistem operasi android dan ColorOS recovery di HP Oppo?

Jawabnya tentu saja sama sekali tidak ada perbedaan dari segi fungsi utamanya. Dimana semua fungsi utama dari mode recovery tetap bisa kalian dapat, perbedaan paling mendasar mungkin hanya ada pada bagian tampilannya. Mengingat hal ini dapat ubah secara mudah oleh para developer masing-masing vendor.

Penyebab HP Oppo Masuk Mode Recovery ColorOS

Bagaimana apakah sampai disini kalian sudah paham dengan apa itu ColorOS Recovery di HP Oppo? jika saat ini tiba-tiba HP Oppo kalian masuk ke mode recovery dan bingung bagaimana cara keluar dari ColorOS recovery Oppo.

Kami rasa artikel yang satu ini tepat untuk kalian simak sampai akhir. Karena sesuai dengan judul di atas, kali ini kami akan membagikan secara lengkap dan detail langkah cara keluar dari ColorOS recovery Oppo.

Akan tetapi sebelum kita berlanjut membahasnya, mungkin ada dari kalian yang juga penasaran dan ingin mengetahui apa saja hal yang menjadi penyebab HP Oppo bisa masuk ke mode recovery. Untuk itu kita juga akan bagikan lebih dulu apa saja hal yang membuat HP Oppo bisa masuk ke ColorOS recovery mode.

  1. Masuknya HP Oppo ke mode recovery bisa disebabkan karena sedang dalam proses Upgrade Sistem Android.
  2. Kalian melakukan proses Reset Data dan Format Ulang.
  3. Sedang menginstal HP Oppo dengan menggunakan custom rom maupun stock rom.
  4. Melakukan perubahan kata sandi yang lupa dan hanya bisa dilakukan dengan masuk ke mode recovery.
  5. Sistem HP Android kalian mengalami hang atau kerusakan sistem, stuk atau bahkan bootloop.

Dari semua penyebab yang kami sampaikan di atas, sebenarnya hampir rata-rata dilakukan dengan cara yang kita sadari. Bukan secara tiba-tiba HP Oppo masuk ColorOS recovery mode. Apalagi sebagaimana kita ketahui, untuk dapat masuk ke mode recovery juga kita sebagai pengguna harus menekan beberapa kombinasi tombol secara bersamaan.

Cara Keluar dari ColorOS Recovery Oppo

Nah itulah tadi penjelasan singkat yang bisa kami sampaikan dengan jelas dan rinci mengenai penyebab HP Oppo masuk ColorOS recovery mode. Setelah kalian memahami beberapa hal yang sudah kami sampaikan di atas. Maka bagi kalian yang saat ini sedang mengalami hal tersebut.

Berikut ini akan kami jelaskan beberapa metode atau cara keluar dari ColorOS recovery Oppo tanpa harus menghapus data (jika memungkinkan).

1. Gunakan Kombinasi Tombol

Jika HP tiba-tiba HP Oppo masuk ke dalam mode recovery ColorOS, maka jika kalian ingin segera keluar dari mode tersebut. Ada beberapa cara bisa dilakukan, salah satunya dengan menggunakan kombinasi tombol. Yang dimana untuk HP Oppo kombinasi tombol yang digunakan yaitu Power + Volume.

Apabila saat kalian melihat mode ColorOS recovery HP Oppo dan ingin keluar dari tampilan tersebut. Cukup tekan dan tahan tombol Power + Volume Atas + Volume Bawah secara bersamaan sampai dengan HP bergetar, yang itu artinya sistem android di dalamnya sudah melakukan restart / boot ulang.

Ketika kalian memanfaatkan metode atau cara keluar dari ColorOS recovery Oppo satu ini, kami pastikan bahwa semua data atau file yang ada didalamnya masih dapat terselamatkan tanpa terhapus sedikitpun. Namun dengan catatan sebelumnya kalian tidak memilih mode hapus data.

2. Lepas Baterai

Cara kedua dapat kalian gunakan untuk mengatasi HP Oppo tiba-tiba masuk ke dalam mode ColorOS recovery yaitu dengan melepas baterai HP. Namun perlu di catat, metode ini hanya dapat dilakukan dengan cara mudah apabila model atau tipe HP Oppo kalian masih menggunakan battery removable.

Sementara jika tipe HP Oppo yang kalian pakai sudah menggunakan battery model tanam atau non-removable. Maka jika ingin memakai metode ini untuk bisa keluar dari ColorOS recovery Oppo, kalian harus rela melepas backdoor atau tutup belakang HP, atau bahkan melepas semua bagian yang ada.

3. Pakai Perintah CMD

Cara keluar dari ColorOS recovery Oppo berikutnya dapat kalian pakai yakni dengan memanfaatkan perintah CMD atau Command Promt. Hanya saja cara yang satu ini hanya dapat kalian pakai ketika kalian menghubungkan HP Oppo kalian ke PC Desktop atau Laptop.

Meski dapa dikatakan bahwa cara ini sedikit sulit untuk dilakukan karena perlu pemahaman tentang perintah-perintah yang harus kalian input ke Command Promt. Kalian juga perlu memahami setiap arti yang muncul di halaman CMD disaat kalian sudah melakukan perintah.

Untuk mengetahui setiap perintah dan arti dari halaman CMD ketika ingin keluar dari halaman ColorOS recovery Oppo, kami sangat menyarankan untuk kalian kunjungi forum Oppo langsung di halaman support Oppo. Disitu kalian dapat menemukan berbagai macam solusi dari masalah yang timbul di HP Oppo apapun tipenya.

4. Flash Frimware Original

Cara keluar dari ColorOS Recovery Oppo yang berikutnya dapat kalian lakukan yaitu dengan langsung menginstal stock rom baru atau istilah lainnya flash firmware Oppo. Namun seperti yang kita semua ketahui, jika melakukan metode ini.

Maka semua file dan data termasuk foto dan juga video yang kalian simpan di dalam memory HP akan ikut terhapus. Jadi pikirkan sekali lagi jika ingin menggunakan cara ini.

Namun jika hal tersebut bukan lagi menjadi masalah bagi kalian, kami justru sangat menyarankan kalian memakai metode atau cara ini. Kenapa?

Selain dapat membantu dengan cepat keluar dari ColorOS recovery Oppo, metode ini juga akan membuat semua sistem di dalam HP Oppo kalian akan ter-reset. Sehingga cache, bug dan juga kegagalan sistem yang sebelumnya ada bisa dihilangkan.

Kemudian juga memungkinkan kalian akan dapat menginstal ulang HP Oppo dengan menggunakan firmware paling baru yang dirilis langsung oleh Oppo. Dengan begitu hal-hal yang mungkin sebelumnya merupakan bug sudah dihilangkan dan akan membuat HP terasa lebih optimal lagi kinerjanya.

Kesimpulan

Nah itulah kiranya proses cara keluar dari ColorOS recovery Oppo yang kali ini dapat kami sampaikan dengan jelas dan rinci. Semoga apa yang sudah gsmtrik.com sampaikan di atas bisa menjadi referensi menarik dan sekaligus dapat membantu kalian menyelesaikan masalah.

You May Also Like

About the Author: Hasto