√ Kenapa Instagram Checkpoint Required? Arti, Penyebab & Solusi

Beberapa pengguna Instagram mengalami error dan muncul masalah terkait Privacy Checks Instagram, lantas kenapa Instagram Checkpoint Required? apa penyebab dan bagaimana mengatasinya?.

Kenapa Instagram Checkpoint Required

Gsmtrik.com – Melihat foto, reels dan short video di Instagram sepertinya sudah menjadi bagian dari aktivitas harian setiap orang. Bahkan bagi beberapa orang, terlepas dari Instagram seperti halnya melepaskan hal yang begitu berat. Maka tidak heran ketika Instagram error akan membuat banyak orang mencari metode untuk mengatasinya.

Termasuk ketika belakangan ini Instagram error dan mengharuskan Checkpoint Required. Bagi kalian yang mengalaminya, lantas IG Error Checkpoint Required itu apa dan kenapa Instagram Checkpoint Required bisa terjadi. Buat yang penasaran dan ingin mengetahui lebih lanjut, mari simak penjelasan gsmtrik.com berikut ini.

Instagram Error Checkpoint Required Itu Apa?

Istilah error pada sebagian besar platform media sosial setidaknya menandakan sedang terjadi maintenance atau sedang terjadi gangguan pada jaringan server platform tersebut. Termasuk ketika belakangan ini banyak pengguna IG yang mengeluhkan kenapa Instagram error dan muncul Checkpoint Required.

Sebelum kita bahas kenapa IG Error Checkpoint Required serta solusi mengatasi masalah tersebut. Mungkin ada dari kalian bertanya apa sebenarnya Error Checkpoint Required di IG. Oleh karena itu di bawah ini akan kami jelaskan sedikit tentang hal tersebut agar pembahasan di bawah nanti lebih bisa kalian pahami.

Jadi Instagram Checkpoint Required merupakan sebuah masalah atau error yang bisa terjadi para semua akun Instagram yang biasanya terjadi karena pihak Instagram mendeteksi adanya aktivitas tidak wajar pada akun tersebut dan mungkin dapat membahayakan keamanan akun.

Ketika masalah ini muncul, tentunya setiap pemilik akun sama sekali tidak bisa melakukan banyak hal. Mengingat Instagram akan dibatasi oleh server untuk penggunaan seperti biasanya. Tidak heran bila hal ini kalian alami banyak sekali pencarian informasi kenapa Instagram Checkpoint Required & solusi mengatasinya.

Kenapa Instagram Checkpoint Required?

Dari banyaknya kasus yang terjadi, setidaknya banyak pengguna yang mengatakan bahwa mereka menggunakan Instagram seperti biasa saja tanpa ada aktivitas lain dianggap mencurigakan dan membahayakan. Namun entah kenapa tiba-tiba Privacy Checks IG muncul saat sedang digunakan.

Ternyata meski pemakian yang dilakukan cukup wajar, namun hal ini tetap saja bisa terjadi karena beberapa alasan lain. Termasuk di antaranya seperti:

  • Kalian memang melakukan aktivitas mencurigakan dan dianggap membahayakan oleh pihak Instagram.
  • Melakukan login akun secara bersamaan di beberapa device / perangkat berbeda.
  • Pemakaian VPN ketika mengakses Instagram.
  • Selain itu, munculnya Instagram Checkpoint Required juga terjadi karena ada masalah bug pada versi aplikasi digunakan.
  • Kemudian masalah lain menjadi penyebab munculnya error IG Checkpoint Required yaitu karena server IG sedang bermasalah.

Untuk sementara ini itulah beberapa masalah yang menyebabkan IG Checkpoint Required. Apabila kalian mungkin pernah mengalami dan tahu apa penyebabnya, silahkan kirimkan penjelasan detail penyebab serta solusinya ke email kami yah.

Cara Mengatasi Error Instagram Checkpoint Required

Adapun beberapa solusi yang kami temui dan juga beberapa teman-teman menggunakannya dan berhasil untuk mengatasi masalah di atas ternyata cukup simple dan mudah. Namun untuk membuat kalian juga bisa lebih memahaminya.

Dibawah ini sudah gsmtrik.com siapkan penjelasan lengkap tentang cara mengatasi error Instagram Checkpoint Required yang mungkin bisa kalian gunakan pada akun Instagram masing-masing.

1. Update Aplikasi ke Versi Paling Baru

Cara paling mudah yang mungkin dapat kalian lakukan untuk mengatasi masalah Checkpoint Required pada akun IG adalah dengan melakukan update aplikasi ke versi terbaru. Hal ini perlu dilakukan karena dari beberapa teman yang mengalami masalah ini.

Dan kebetulan menggunakan HP android dapat terselesaikan dengan menggunakan masalah Ini. Dan sekarang dia bisa menggunakan akun Instagram kembali seperti sediakala. Namun bila kalian menggunakan HP iOS, tidak ada salahnya mengikutinya siapa tahu bisa selesai.

2. Hapus Cache Aplikasi Instagram

Sama mudahnya dengan cara melihat permintaan mengikuti di Instagram yang pernah kami bagikan. Solusi lain yang bisa dikatakan juga cukup mudah dilakukan untuk mengatasi masalah IG Checkpoint Required yaitu dengan menghapus cache aplikasi IG yang digunakan.

Cara ini terkadang dapat menyelesaikan berbagai macam masalah yang terjadi baik pada HP iOS maupun HP android. Adapun cara perlu dilakukan untuk menghapus cache aplikasi Instagram yaitu (buat pengguna HP android):

  • Buka menu setting atau pengaturan di HP masing-masing.
  • Lalu cari & pilih menu Apps & Notifications.
  • Pilih menu See All Apps.
  • Lalu silahkan cari dan pilih aplikasi Instagram.
  • Setelah itu silahkan tap pada bagian storage & cache.
  • Disini silahkan klik clear cache & clear storage.
  • Selesai.

Untuk para pengguna HP iPhone atau iOS Device kami rasa tidak jauh berbeda dengan cara di atas. Intinya kalian hanya perlu menghapus cache maupun data dari aplikasi Instagram. Namun penting dicatat! cara ini mengharuskan kalian untuk tahu username & password login.

3. Nonaktifkan Sementara Akun Instagram

Cara lain yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah Instagram Checkpoint Required adalah menonaktifkan akun sementara waktu. Dengan cara ini setidaknya akan membuat akun istirahat dan kemungkinan justru akan lebih cepat kembali bisa digunakan.

Untuk caranya dapat kalian lakukan dengan mengikuti panduan di bawah ini.

  • Masuk akun Instagram melalui web browser di PC / HP masing-masing dengan mengakses instagram.com.
  • Setelah login, pilih profil pada bagian kanan atas.
  • Lalu lanjutkan dengan tap menu Edit Profil.
  • Scroll ke bawah, cari dan pilih menu nonaktifkan sementara akun saya.
  • Masukkan kata sandi untuk memunculkan menu menonaktifkan akun.
  • Terakhir silahkan klik nonaktifkan akun sementara.

4. Verifikasi Identitas di Pengaturan

Selain dengan menggunakan cara di atas, hal lain yang juga patut dan perlu di coba untuk bisa mengatasi masalah kenapa Instagram Checkpoint Required yaitu dengan melakukan Identitas diri.

Hal ini dapat dilakukan di menu pengaturan profil. Silahkan kalian verifikasi identitas diri dengan melakukan beberapa macam hal yang perlu dilakukan seperti verifikasi alamat email, nomor HP, tanggal lahir dan beberapa macam lainnya.

5. Reinstall Ulang Aplikasi Instagram

Kemudian solusi kenapa akun IG Checkpoint Required yaitu dengan memaksa menguninstall atau mencopot pemasangan aplikasi kemudian menginstal ulang aplikasi versi terbaru langsung dari play store atau app store.

Cara ini terkadang dapat menyelesaikan masalah yang terjadi ketika berbagai macam masalah muncul baik itu di Instagram, Facebook maupun platform aplikasi lainnya. Namun penging diingat, kalian harus tahu password & username IG tersebut karena setelah teruninstal kalian akan diminta login ulang.

6. Coba Gunakan Secara Berkala

Dan dari semua cara yang ada, mungkin ini bisa dibilang cara paling mudah mengatasi kenapa Instagram Checkpoint Required. Pasalnya kalian sama sekali tidak perlu melakukan apa-apa.

Namun hanya perlu mencoba membuka dan menggunakan akun Instagram yang bermasalah secara berkala. Jika bisa digunakan kembali maka kalian akan dapat memakai aplikasi Instagram untuk melihat video reels Instagram atau lainnya.

Kesimpulan

Yang jelas dari apa yang sudah kami jelaskan secara singkat dan lengkap di atas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa solusi kenapa Instagram Checkpoint Required bisa dilakukan terbilang cukup banyak. Namun tentunya untuk mendapatkan mana cara paling tepat untuk akun kalian.

Perlu dilakukan percobaan satu per satu cara yang sudah kami sampaikan di atas. Nah itulah kiranya penjelasan singkat yang kali ini dapat kami sampaikan terkait penyebab dan cara mengatasi Instagram Checkpoint Required.

You May Also Like

About the Author: Hasto

Sangat suka dengan hal yang berhubungan dengan dunia teknologi, game dan gadget dimana saat ini menjadi Co-Founder di Gsmtrik.