√ Kenapa HP Xiaomi Cepat Panas? Penyebab & Cara Mengatasi

Kamu pengguna HP Xiaomi dan sering bertanya kenapa cepat panas?. Tenang semua itu wajar ko, karena bukan hanya kamu saja yang mengalaminya. Namun kenapa hal itu bisa terjadi & apa penyebabnya?.

Kenapa HP Xiaomi Cepat Panas

Gsmtrik.com – Menjadikan HP Xiaomi sebagai daily driver mungkin banyak dilakukan masyarakat sekarang ini. Pasalnya HP yang satu ini memiliki cukup banyak keunggulan dari berbagai sisi, selain harga yang relatif terjangkau, kualitas spesifikasi yang diberikan pun cukup unggul di berbagai bidang, tidak heran apabila banyak orang memilihnya.

Namun bukan berarti dengan semua aspek bagus yang dimiliki, HP Xiaomi bisa berjalan tanpa kendala. Yah, dari begitu banyaknya pengguna HP Xiaomi banyak dari mereka yang mengeluhkan bahwa HP Xiaomi mereka cepat panas. Pertanyaannya, kenapa dan bagaimana cara mengatasinya? mari kita lihat penjelasan lengkap yang gsmtrik.com bagikan di bawah ini.

Penyebab Kenapa HP Xiaomi Cepat Panas

Bicara tentang kenapa HP Xiaomi cepat panas, sebenarnya hampir semua tipe HP android apapun bisa saja mengalami masalah serupa. Namun apakah kalian tahu apa penyebab HP Xiaomi panas? apakah MIUI 12 jadi penyebab utama yang membuat boros baterai serta cepat panas? mari kita lihat beberapa penyebab utamanya di bawah ini.

1. Kualitas Sinyal Lemah

Salah satu hal yang seringkali membuat HP Xiaomi cepat panas yaitu terkait masalah kualitas jaringan sinyal provider yang digunakan. Pengaturan 4G yang tetap menyala selalu membuat HP terus mencari atau mentracking jaringan 4G dimanapun lokasi kalian berada.

Hal ini tentunya dapat membuat HP terus bekerja untuk menemukan jaringan tersebut meskipun berada diluar jangkauan. Akibatnya selama HP tidak menemukan jaringan 4G maka di belakang layar HP terus mencari sinyal serta dapat menguras baterai, akibatnya baterai cepat habis serta HP panas.

2. Mode Power Saving Tidak Aktif

Mode power saving adalah sebuah fitur yang memungkinkan kalian bisa menghemat penggunaan baterai. Fitur power saving mungkin tidak hanya bisa kita jumpai pada HP Xiaomi saja, karena sebagian besar pabrikan sudah menyematkan fitur power saving sebagai salah satu fitur unggulan.

Dalam posisi mode power saving menyala, maka fitur utama sepert koneksi Wi-Fi, Bluetooth, GPS dinonaktifkan sementara untuk kecerahan layar otomatis diredupkan. Sayangnya tidak sedikit dari pengguna HP Xiaomi yang memanfaatkan fitur power saving ketika HP sedang tidak digunakan. Alhasil semua fitur bekerja terus sehingga mengakibatkan HP cepat panas.

3. Pemakaian HP Tidak Wajar

Penggunaan HP tidak wajar menjadi salah satu penyebab kenapa HP Xiaomi cepat panas. Hal tersebut dikarenakan pemakaian yang tidak wajar selalu membuat seluruh hardware serta software yang ada terus bekerja tanpa henti.

Tidak heran apabila selama pemakaian yang dilakukan HP terus menimbulkan suhu panas & langsung disalurkan ke body yang membuat para pengguna merasakan panas. Selain itu hal ini juga membuat kesehatan baterai HP Xiaomi akan cepat menurun.

4. Memainkan Game Terlalu Lama

Masih dari kasus yang serupa, sekarang hampir kebanyakan para pengguna smartphone berbasis android akan selalu memanfaatkannya untuk bermain game kesukaan. Sayangnya tiap kali memainkan game tersebut, terkadang kita lupa waktu.

Nah selama pemakaian yang dilakukan terus menerus untuk bermain game, hal tersebut membuat hardware bekerja keras sehingga suhu panas pun akan terasa. Terlebih lagi ketika kalian memainkan game dengan kualitas grafis yang tinggi seperti PUBG, Mobile Legend atau game-game lainnya.

5. Penggunaan Brightness Tinggi

Kenapa HP Xiaomi cepat panas? seperti kalian lihat di atas, hal ini bisa terjadi karena banyak sekali faktor. Dan salah satu faktor utama yang kerap kali membuat suhu HP Xiaomi cepat panas yaitu penggunaan brightness atau kecerahan layan yang maksimal.

Bila belum tahu, pemakaian kecerahan layar tinggi itu sama saja memaksimalkan lampu LCD di belakan untuk menyala paling terang. Selama penggunaan full brightness tersebut, otomatis lampu akan mengeluarkan suhu panas yang berakibat membuat body terasa panas.

6. Memakai Ponsel Saat di Charger

Memakai HP saat di charger juga menjadi salah satu alasan kenapa HP Xiaomi cepat panas. Hal ini karena selama pengisian arus listrik akan terus menerus mengisi baterai, namun karena digunakan arus pengisian tersebut akan digunakan untuk kerja HP.

Otomatis membuat baterai tak terisi sama sekali karena arus yang masuk akan langsung keluar saat HP digunakan. Oleh karena itu untuk merawat baterai HP Xiaomi agar tetap baik, sebisa mungkin jangan pernah gunakan HP saat sedang di charger.

7. Fitur Penting Menyala Terus

Hal lain yang menjadikan HP Xiaomi terus terasa panas yakni karena fitur penting yang ada di HP kalian selalu diaktifkan meskipun sama sekali tak digunakan. Jadi saran kami yakni matikan beberapa fitur penting yang memang tidak digunakan atau sedang tak dipakai.

Termasuk seperti GPS, Bluetooth, WiFi ataupun yang lainnya. Dengan hal ini setidaknya akan dapat membuat baterai lebih awet dan tentunya tak menjadikan HP terasa panas.

8. Memakai Widget Terlalu Banyak

Kemudian penyebab lain kenapa HP Xiaomi Redmi 9, Note 8 atau Redmi 4a cepat panas yakni pemakaian widget yang terlalu banyak. Meski hal ini dapat membuat tampilan menjadi lebih apik, akan tetapi kerja software dengan adanya widget tersebut akan semakin berat.

Alhasil bateri pun cepat habis dan membuat body terasa cepat panas. Jadi sebaiknya meminimalkan penggunaan widget dan juga gunakan yang penting-penting saja.

9. Versi MIUI Bermasalah

Masalah paling sering dihadapi pengguna ketika HP Xiaomi panas yakni karena adanya masalah pada software yang digunakan. Baik itu dari sisi MIUInya ataupun dari sistem operasi android yang digunakan.

Jasi pastikan kalian selalu perbarui ke versi terbaru untuk meminimalisir terjadinya pemakaian baterai yang terlalu berat serta penggunaan aplikasi bloatware yang tidak diperlukan di belakang layar.

10. Banyak Background Aplikasi Berjalan

Dan penyebab terakhir yang membuat HP Xiaomi cepat panas yakni karena penggunaan aplikasi yang berjalan di latar belakang atau background terlalu banyak. Hal ini biasanya karena pengguna tidak melakukan pengaturan pada bagian setting.

Jadi silahkan kalian kurangi aplikasi-aplikasi tak penting untuk berjalan di latar belakang agar baterai tidak cepat habis dan body HP tak cepat panas.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Cepat Panas

Itulah kiranya beberapa masalah atau penyebab kenapa HP Xiaomi baik di MIUI 11, 12 atau yang paling baru cepat sekali panas. Dari semua itu lantas apa yang harus kita lakukan untuk mengatasi masalah ini?

  1. Pastikan kalian selalu update aplikasi maupun software ke versi paling baru jika tersedia.
  2. Gunakan aplikasi yang memang dibutuhkan saja pada HP.
  3. Kurangi aplikasi yang secara otomatis berjalan di belakang layar.
  4. Gunakan kecerahan layar yang umum-umum saja.
  5. Jangan pernah memakai HP saat di cas.
  6. Jika kualitas jaringan jelek coba matikan data atau ubah ke jaringan 3G saja.

Kesimpulan

Kiranya cukup sekian informasi penting yang kali ini dapat gsmtrik.com sampaikan terkait kenapa HP Xiaomi cepat panas dan cara mengatasinya. Semoga dengan adanya pembahasan di atas kalian para pengguna HP Xiaomi akan dapat memahami pentingnya penggunaan HP dengan benar.

You May Also Like

About the Author: Hasto

Sangat suka dengan hal yang berhubungan dengan dunia teknologi, game dan gadget dimana saat ini menjadi Co-Founder di Gsmtrik.