14 Cara Merawat Baterai Tanam Oppo Agar Tidak Cepat Habis

Baterai tanam pada HP Oppo memang mayoritas kita jumpai di seri terbarunya. Seiring berkembangnya jaman baterai tipe lama yaitu yang bisa dilepas digantikan dengan jenis Non Removable. Seperti yang kita tahu, baterai Non Removable atau tanam berada dalam sebuah smartphone sehingga agar bisa dibuka maka harus dengan cara dibongkar. Baterai tanam memang memiliki keunggulan maupun kekurangan. Kelebihannya adalah dapat bertahan lama dibandingkan jenis Removable, lebih mudah mengganti SIM maupun kartu SD, tidak mudah terkena debu dan juga built quality lebih solid.

Rangkaian cara merawat baterai tanam Oppo memang perlu diketahui dan juga diterapkan langsung. Jika kita merawat baterai tanam Oppo dengan baik maka umurnya akan panjang. Masalah yang sering dihadapi adalah ketika baterai tanam Oppo cepat habis sehingga solusinya adalah diganti. Sama halnya dengan cara menghemat baterai Vivo, kita wajib melakukan semuanya secara rutin.

Cara Merawat Baterai Tanam Oppo

Cara Merawat Baterai Tanam Oppo

Baterai tanam Oppo memiliki kapasitas besar dengan fitur andalan pengisian cepat bernama VOOC 3. Mengisi dari 0% sampai 75% hanya diperlukan waktu 30 menit saja. Nah karena pengisian cepat inilah kamu wajib mengetahui cara merawat baterai tanam Oppo agar tak mengalami kendala. Tentunya tak ingin daya mati ketika sedang memindahkan nomor telepon yang jumlahnya ratusan.

1. Pakai Kepala Charger Original Oppo

Jangan remehkan penggunaan kepala charger, ketika sembarangan maka akan berpengaruh kepada baterai tanam Oppo. Apabila kepala charger bukan asli dari Oppo maka hantaran daya dan tegangannya tak sesuai sehingga beresiko merusak. Charger asli Oppo memang sudah diperhitungkan sesuai dengan kapasitas baterai tanam.

2. Pakai Kabel Original Oppo

Pemakaian kabel juga jangan sembarangan, gunakan asli Oppo. Hal ini sangat berpengaruh pada penyaluran daya, jika kabelnya abal abal maka arusnya tidak stabil.

3. Hindari Charger Terlalu Lama

Cara merawat baterai tanam Oppo yang sering kita lupakan adalah lupa mencabut charger. Apabila terlalu lama bisa dipastikan aliran listrik di cell baterai tanam Oppo bisa rusak. Efek buruknya bisa sampai meledak apabila overheat.

4. Hindari Penggunaan Waktu Mengisi Daya

Kebiasaan yang tak bisa lepas adalah bermain smartphone Oppo sambil mengisi daya. Ketika melakukan hal tersebut maka sistem kerja smartphone akan lebih ekstra sehingga akan panas. Saat panas inilah resikonya bisa merusak hardware maupun baterai tanamnya.

5. Periksa Temperatur Baterai

Secara rutin periksalah temperatur atau suhu baterai tanam Oppo. Perlu diketahui, suhu normalnya adalah mulai 18 sampai 35 derajat celcius. Jangan menyimpan HP di temperatur terlalu rendah atau tinggi. Apabila baterai tanam terlalu panas maka beresiko terbakar atau meleleh.

cara mengatasi baterai tanam cepat habis

6. Hindari Pengisian Daya Diluar Ruangan

Cara merawat baterai tanam Oppo berikutnya adalah menghindari pengisian baterai diluar ruangan. Hal tersebut diperlukan karena HP harus tetap dalam keadaan stabil suhunya.

7. Charger Ketika Baterai 30%

Merawat baterai tanam Oppo juga dapat dilakukan dengan cara mengisi baterai ketika sudah mencapai angka 30%. Jangan sampai HP mati atau low bat karena beresiko menurunkan kemampuan baterai.

8. Isi Baterai Sampai Penuh

Usahakan isi baterai tanam Oppo sampai dengan 100% atau penuh. Penting karena cara merawat baterai tanam Oppo ini mempengaruhi turunnya daya. Pengaruhnya adalah di cell baterai dimana akan jadi kurang optimal menyimpan daya.

9. Hindari Pemakaian PowerBank Terlalu Sering

Kalau bisa jangan terlalu sering menggunakan Power Bank terus menerus. Pengaruhnya adalah pada aliran listrik tidak stabil sehingga merusak baterai tanam.

10. Pilih PowerBank Terbaik

Ketika memiliki PowerBank pastikan Ouput sudah sesuai dengan kemampuan baterai tanam Oppo. Gunakan patokan output dari charger asli Oppo, hindari pula PowerBank abal abal yang tidak jelas kualitasnya.

cara cas baterai tanam

11. Jangan Sering Bermain Game

Cara merawat juga bisa dilakukan dengan mengurangi bermain game. Jika game terlalu berat dijalankan maka akan berpengaruh kepada temperatur panas sehingga boros baterai. Seandainya sudah mencapai suhu panas maka segera akhiri game dan tunggu sampai dingin.

12. Kurangi Pemakaian Paket Data

Kamu dapat mengurangi penggunaan paket data karena segi konektifitas memang menguras baterai tanam. Tak heran apabila mudah panas, untuk mengatasinya gunakan WiFi sebagai alternatif.

13. Matikan Smartphone Beberapa Jam Sehari

Ketika smartphone tidak digunakan misalnya saat tidur maka matikan saja. Seperti perangkat elektronik lainnya, baterai HP juga akan aus bila digunakan terus menerus.

14. Manfaatkan Aplikasi Penghemat Baterai

Di HP Oppo sudah terdapat fasilitas mode hemat daya dimana bisa diakses kapan saja. Tentunya aplikasi bawaan ini akan menghentikan berbagai aplikasi yang tidak digunakan di HP.

Dari seluruh cara merawat baterai tanam Oppo diatas memang bisa dilakukan kapan saja. Dengan perawatan yang baik maka usia baterai tanam akan panjang dan tidak mudah cepat habis.

You May Also Like

About the Author: Hasto

Sangat suka dengan hal yang berhubungan dengan dunia teknologi, game dan gadget dimana saat ini menjadi Co-Founder di Gsmtrik.