5 Cara Menjual Foto di NFT OpenSea & Hal yang Perlu Diketahui!

Advertisements

Cara menjual foto di NFT OpenSea sedang ramai di perbincangkan masyarakat. Lantas apa sih NFT dan OpenSea, bagaimana bisa kita menjual foto di platform tersebut?.

Cara Menjual Foto di NFT OpenSea

Gsmtrik.com – Menjual dan mendapatkan hasil di NFT saat ini bukan lagi menjadi hal yang tabu. Pasalnya nama NFT atau Non-Fungible Token belakangan ini ramai di perbincangkan setelah di ketahui ada masyarakat Indonesia yang mampu mendapatkan miliaran rupiah setelah menjual foto selfie mereka di NFT.

Dengan ramainya perbincangan akan hal tersebut, tidak bisa kita pungkiri ternyata banyak pula masyarakat yang merasa penasaran dengan apa itu NFT dan bagaimana cara menjual foto di NFT. Untuk mendapatkan semua jawaban terkait rasa penasaran tersebut, berikut ini sudah gsmtrik.com siapkan penjelasan lengkapnya.

Advertisements

Apa itu NFT ?

Untuk memudahkan kalian dapat memahami cara kerja proses jual beli foto di NFT OpenSea. Mula-mula kita kenali lebih dulu apa itu NFT yah.

NFT atau Non-Fungible Token merupakan sebuah aset digital berupa karya seni seperti musik, item di dalam game, lukisan, foto dan juga lain sebagainya yang nantinya dapat di koleksi para pengguna lain ketika mereka sudah membelinya.

NFT sendiri juga bisa di katakan hampir serupa dengan barang kolektor lain yang mungkin sudah tak lagi asing bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Akan tetapi, alih-alih mendapatkan sebuah barang dalam bentuk nyata.

Advertisements

Di Non-Fungible Token kalian justru hanya akan mendapatkan sebuah koleksi berbentuk lukisan ataupun foto dalam bentuk digital. Yang nantinya semua koleksi yang sudah kalian miliki dari hasil membeli di NFT dapat di simpan di berbagai macam perangkat seperti HP, tablet, PC maupun laptop dan lainnya.

Apa Itu OpenSea ?

Semua produk NFT yang diperjualbelikan sendiri dilakukan secara online melalui satu platform yang bernama OpenSea. Lantas apa itu OpenSea?

Mudahnya jika kita ingin membeli HP android atau iPhone maupun barang kebutuhan lainnya secara online. Kita bisa membeli semua kebutuhan tersebut di Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Zalora, Lazada maupun e-Commerce atau aplikasi belanja online lain yang memang hadir untuk memudahkan kita dalam melakukan transaksi jual beli.

Jadi jika kalian bertanya apa itu OpenSea, sederhananya, OpenSea adalah marketplace NFT terbesar di dunia yang saat ini begitu populer dengan jumlah pengguna aktif begitu banyak.

Hanya saja tidak sama seperti marketplace umum yang kita ketahui. Proses jual beli produk NFT di OpenSea juga memungkinkan kita untuk melakukan pembayaran menggunakan blockchain atau coin digital yang sudah melakukan kerjasama dengan OpenSea itu sendiri salah satunya adalah ETH (Ethereum).

Keuntungan Menjual Foto di NFT OpenSea

Banyak orang menanyakan apa saja keuntungan ketika berhasil menjual foto di NFT lewat OpenSea. Sama halnya dengan aktivitas jual beli lainnya, tentu saja keuntungan utama ketika kita berhasil menjual foto di NFT melalui OpenSea, kita akan bisa mendapatkan penghasilan.

Selain itu, keuntungan lain yang sudah pasti akan dapat kita peroleh adalah profil akun NFT di OpenSea memiliki peringkat bagus yang menjadi modal awal agar membuat banyak pengguna lain lebih mudah menemukan profil kalian di OpenSea.

Syarat Menjual Foto di NFT OpenSea

Buat kalian yang tertarik dan ingin mencoba memulai untuk bisa menjual karya seni dalam bentuk foto, art atau lainnya di OpenSea. Maka salah satu syarat yang utama harus kalian lakukan yakni membuat akun NFT itu sendiri. Untuk membuat NFT sendiri sebenarnya terbilang cukup mudah.

Bahkan buat yang tak kenal sama sekali dengan industri kripto tetap dapat melakukannya. Cara pertama yang harus kalian lakukan untuk dapat membuat NFT yakni menentukan blockchain yang nantinya digunakan untuk mengeluarkan hasil dari jual beli di NFT.

Dan berikut ini adalah beberapa blockchain yang paling umum bisa digunakan untuk membuat NFT.

  • Polkadot
  • Tezos
  • Tron
  • Flow by Dapper Labs
  • EOS
  • WAX
  • Cosmos

Perlu untuk kalian perhatikan, bahwasanya setiap blockchain memiliki standar token NFT yang mungkin bisa dikatakan terpisah. Baik itu dari sisi wallet service maupun marketplace yang digunakan.

Dan seperti yang sudah gsmtrik.com jelaskan sebelumnya, jika menginginkan untuk menjual foto di NFT melalui OpenSea pastikan kalian memilih blockchain yang di dukung OpenSea tersebut yakni Ethereum atau ETH.

Cara Membuat NFT di OpenSea

Dengan sedikit pemahaman yang sudah kami sampaikan di atas terkait apa itu NFT dan OpenSea dan tertarik menjual foto di NFT. Maka berikut ini adalah panduan lengkap tentang cara menjual foto di NFT OpenSea yang dapat kalian ikuti.

1. Buka Situ OpenSea.io

Buka Situ OpenSea.io

Pertama silahkan kalian buka situs opensea.io kemudian pilih menu create yang terdapat di halaman depan lalu silahkan isi semua informasi mengenai NFT kalian secara lengkap dan benar.

2. Upload File NFT

Upload File NFT

Pada halaman berikutnya kalian akan diminta untuk menunggah atau upload file NFT baik dalam bentuk gambar, foto video maupun lainnya. Jangan lupa silahkan cantumkan pula beberapa data penting seperti.

  • Nama
  • Tautan Ekstarnal
  • Deskripsi tentang file unggahan

Setiap foto atau file NFT lain diunggah ke OpenSea sangat di sarankan untuk memiliki ukuran 40 MB atau maksimal 100 MB.

3. Lengkapi Informasi NFT-mu

Lengkapi Informasi NFT mu

Sampai pada tahap ini, kalian akan diminta untuk memasukkan seluruh data informasi terkait kelengkapan NFT. Dimana melalui halaman ini setiap pengguna bisa menempatkan NFT yang diunggah sesuai koleksi.

Termasuk beberapa hal penting seperti properties, levels, stats, traits dan yang lainnya. Tujuannya jelas untuk untuk menghasilkan koleksi NFT langka serta berharga

Oya kalian juga bisa memasukkan atau memilih blockchain tertentu pada halaman ini baik itu Ethereum, Klatyn atau Polygon.

4. Klik Cerate

Langkah terakhir silahkan kalian klik menu create atau buat untuk menjadikan semua hal di atas terpublikasi di halaman profil masing-masing.

Cara Menjual Foto di NFT OpenSea

Apabila sebuah hal di atas telah kalian lakukan, maka proses menjual foto di NFT OpenSea pun sudah bisa dilakukan dengan mudah. Dimana jika ingin menjual foto di NFT, maka berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  1. Pertama silahkan masuk pada bagian profil opensea.io masing-masing.
  2. Setelah itu pilih koleksi NFT yang akan dijual.
    Pilih Koleksi NFT Yang Akan Dijual
  3. Klik sell yang ada di bagian sudut kanan atas halaman, maka kalian akan di bawa ke halaman listing seperti berikut ini.
    Klik Sell
  4. Sampai disini silahkan tentukan skema penjualan NFT foto sesuai kebutuhan baik itu Fixed Price atau Timed Auction.
    Tentukan Skema Penjualan NFT
  5. Terakhir silahkan bayar biaya untuk melengkapi listing NFT masing-masing dengan menggunakan blockchain digunakan.

Keterangan:

  • Fixed Price untuk menentukan harga jual tetap.
  • Time Auction untuk menentukan harga dengan kriteria tertentu pada listing NFT.

Khusus untuk penjualan foto NFT di OpenSea dengan metode Time Auction, maka kalian akan diberikan dua kriteria yaitu:

  1. Penjualan ke penawar tertinggi yang dimana harga NFT akan ditentukan berdasarkan tawaran harga paling tinggi.
  2. Penjualan dengan harga yang menurun adalah harga NFT akan terus turun sampai ada pembeli yang membeli.

Kesimpulan

Seperti itulah kiranya cara menjual foto di NFT OpenSea yang kali ini bisa gsmtrik.com jelaskan beserta beberapa syarat dan hal penting lain memang perlu untuk kalian pahami. Silahkan pelajari, jika memang ada hal yang perlu di tanyakan.

Kami sangat menyarankan untuk langsung membuka halaman opensea.io untuk bisa mendapatkan semua informasi dibutuhkan. Sekian dan semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat dan membantu.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Hasto

Sangat suka dengan hal yang berhubungan dengan dunia teknologi, game dan gadget dimana saat ini menjadi Co-Founder di Gsmtrik.