7 Cara Menghilangkan Noise Foto Terbaru : Praktis Mudah Dipahami 2022

Cara Menghilangkan Noise Foto – Meski gemar melakukan kegiatan fotografi, nyatanya hasil jepretan kadang terlihat kurang begitu memuaskan. Hal tersebut dapat terjadi karena beberapa faktor dan salah satunya adalah noise.

Cara Menghilangkan Noise Foto

Mungkin masalah di atas tidak akan terlalu berdampak apabila kalian hanya sekedar menggunakan foto sebagai koleksi pribadi. Namun lain cerita apabila hasil gambar tadi digunakan sebagai sarana pengiklanan maupun promosi. Tentu perlu adanya cara menghilangkan noise foto.

Pada dasarnya banyak sekali peralatan pendukung yang mampu digunakan sebagai alat untuk menghilangkan noise tersebut. Hanya saja cara menghilangkan noise foto ini masih diketahui oleh segelintir orang saja.

Agar permasalahan di atas tidak terjadi berlarut-larut, maka pada kesempatan kali ini akan kami jelaskan cara menghilangkan noise foto secara lengkap. Jadi pastikan kalian simak semua penjelasan dari gsmtrik.com agar hasil foto jadi terlihat lebih menarik dan tanpa noise tentunya.

Mengenal Istilah Noise pada Foto

Pada dasarnya noise merupakan istilah dunia fotografi yang merujuk pada munculnya butiran-butiran halus di dalam foto. Hal ini umumnya terjadi karena sensor kamera tidak bekerja secara optimal.

Masalah noise memang kerap ditemukan pada hasil jepretan kamera dengan sistem digital. Maka jangan heran apabila nantinya sebuah objek di dalam foto kadang terlihat kabur setelah sesi pemotretan.

Selain noise, seorang fotografer juga terkadang akan mengalami apa yang disebut dengan Grain. Foto yang mengalami grain umumnya akan terlihat kasar butir-butir pembentuk gambar terlalu tegas.

Jadi bisa dibayangkan bukan apabila foto terkena dampak noise padahal akan digunakan sebagai sarana komersial. Bisa-bisa proses pengenalan visual produk maupun jasa kurang diminati karena noise.

Penyebab Terjadinya Noise

Setelah mengenal tentang istilah noise, maka penting bagi kalian mengetahui situasi apa yang mungkin menyebabkan kondisi tersebut. Bisa jadi salah satu penyebab ini kalian lakukan baik secara sengaja maupun tidak.

Berikut beberapa penyebab terjadinya noise.

  • Besarnya Ukuran ISO
  • Ukuran Sensor
  • Ukuran Piksel

1. Besarnya Ukuran ISO

Sebelumnya kita akan membahas terlebih dahulu apa itu ISO di dunia fotografi. ISO merupakan suatu indikator dalam menentukan tingkat sensitivitas cahaya. Semakin tinggi angka pada ISO, maka akan semakin sensitif suatu sensor dalam menyerap cahaya.

Noise dapat terjadi lantaran angka ISO terlalu besar saat melakukan pemotretan. Alhasil, gambar menjadi bias serta tidak muncul bintik-bintik pada foto. Anda tidak perlu repot-repot menghilangkan noise apabila ISO diatur secara tepat.

2. Ukuran Sensor

Terdapat perbedaan mendasar pada sebuah ukuran sensor suatu kamera di beberapa perangkat teknologi. Apabila ditinjau secara seksama, ukuran sensor dari suatu kamera DSLR lebih besar dari sebuah smartphone.

Sederhananya, semakin kecil ukuran sensor, maka akan besar potensi menghasilkan noise. Begitu pula sebaliknya. Maka dari itu kebanyakan masalah noise akan sering dijumpai pada suatu hasil foto Smartphone.

3. Ukuran Piksel

Kerapatan piksel juga berperan penting pada hasil kamera noise yang sedang anda cari tahu cara menghilangkan nya. Semakin besar angka piksel, maka kemampuan dari suatu kamera dalam meredam noise juga semakin besar.

Silahkan anda bandingkan kamera berkapasitas 10 Mega Piksel dengan 14 Mega Piksel. Tentu saja noise akan lebih terlihat pada kamera berukuran 10MP tersebut.

Cara Menghilangkan Noise pada Foto

Mau dikata apalagi, nasi sudah menjadi bubur. Namun bukan berarti bubur tersebut tidak bisa kita nikmati bukan? Sama halnya dengan foto penuh noise yang ternyata bisa dihilangkan dengan beberapa cara.

Berikut beberapa cara menghilangkan pada gambar kamera.

1. Menghilangkan Noise via Software Photoshop

Sebagai individu yang gemar melakukan hobi foto, pastinya kalian sudah sangat familiar dengan aplikasi satu Adobe Photoshop. Sebuah software khusus untuk editing gambar dan pastinya bisa menghilangkan noise secara mudah.

Berikut langkah-langkah menghilangkan noise melalui Photoshop

  • Silahkan buka aplikasi Photoshop terinstal pada PC maupun laptop.
  • Masukan gambar guna memulai cara menghilangkan noise.
  • Kemudian arahkan kursor pada menu Filter
  • Silahkan pilih opsi Noise dan klik Reduce Noise
  • Selanjutnya atur agar sesuai kehendak dan tekan OK

2. Menghilangkan Noise via Aplikasi Android Lightroom

Apabila perangkat PC kalian tidak mendukung dalam penggunaan Photoshop, maka terdapat aplikasi bernama Lightroom. Aplikasi satu ini dibuat khusus agar pengguna dapat melakukan editing secara simpel.

Berikut langkah-langkah menghilangkan noise via Lightroom.

  • Sebelumnya pastikan terlebih dahulu kalian sudah memiliki aplikasi Lightroom melalui Playstore maupun Appstore.
  • Buka aplikasi guna memulai cara menghilangkan noise.
  • Saat berada di halaman utama, lakukan tap pada Icon +Gambar di bagian pojok kanan bawah.
  • Kemudian tap menu berlogo Segitiga dan mulai atur saat akan menghilangkan noise.

3. Menghilangkan Noise via Website Online

Apabila beberapa cara tadi terlalu sulit dipahami, maka kalian cukup gunakan sebuah metode online. Silahkan kunjungi saja sebuah website bernama BigJPG tanpa tanda kurung.

Berikut cara menghilangkan noise melalui website BigJPG.

  • Silahkan kunjungi website resmi BigJPG (https://bigjpg.com/) tanpa tanda kurung.
  • Masukan file foto agar proses menghilangkan noise dapat dilakukan dengan pilih Select File.
  • Silahkan atur tingkat noise sesuai kehendak guna menghilangkan noise.

Tips Agar Foto Tidak Mengalami Noise

Setelah mengetahui beberapa cara untuk menghilangkan noise, kali ini kalian juga harus mengetahui cara agar masalah tadi tidak terulang kembali. Maka, dari itu ada beberapa tips pada saat sesi pengambilan foto.

  • Berikut beberapa cara atau tips agar foto terhindar dari noise.
  • Setting ISO Rendah
  • Memanfaatkan Pencahayaan Lampu Flash
  • Noise Reduction
  • Memanfaatkan Tripod

1. Setting ISO Rendah

Silahkan atur ISO dengan serendah mungkin guna menekan timbulnya noise. Sudah pasti anda akan melihat dampaknya secara langsung sehingga tidak perlu menghilangkan masalah tersebut.

2. Memanfaatkan Pencahayaan Lampu Flash

Nampaknya kondisi minim cahaya bisa menimbulkan noise berlebih karena ISO secara otomatis akan ditingkatkan. Hanya saja kalian dapat mengakali hal tersebut menggunakan cahaya lampu flash.

3. Noise Reduction

Perkembangan teknologi juga berimbas pada dunia fotografi dan salah satunya terletak pada fitur. Kamera DSLR saat ini harusnya sudah memiliki sebuah fitur noise reduction. Jadi fotografer bisa secara otomatis menekan noise tanpa perlu mengatur apapun.

4. Memanfaatkan Tripod

Kestabilan dalam pengambilan gambar juga memiliki pengaruh pada kemunculan noise. Akan lebih baik apabila kalian menggunakan tripod. Noise karena guncangan tangan tidak akan terjadi sehingga foto jauh lebih bagus.

Kesimpulan

Ternyata selama ini cara menghilangkan noise foto cukup mudah. Hanya dengan memanfaatkan berbagai aplikasi maupun software bawaan, foto bisa terlihat lebih bagus karena sudah terbebas dari noise.

Jangan hanya terpaku pada sekedar menghilangkan noise saja. Tapi tingkatkan kemampuan lainnya dari segi fotografi agar semua foto terlihat memuaskan. Maka, dari itu selalu pantau GSMTrik untuk mendapatkan informasi, tips, dan trik seputar teknologi.

You May Also Like

About the Author: Hasto

Sangat suka dengan hal yang berhubungan dengan dunia teknologi, game dan gadget dimana saat ini menjadi Co-Founder di Gsmtrik.