12 Cara Menghapus Chromium Permanen di Laptop Windows 10

Cara Menghapus Chromium – Bagi sebagian besar pengguna laptop atau PC dengan sistem operasi Windows mungkin sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Chromium. Aplikasi sejenis browser mirip Chrome ini memang bisa digunakan untuk mengakses internet saat browsing dengan cukup mudah.

Sayangnya, tidak semua pengguna Windows baik itu Window 7, Windows 8, atau Windows 10 menyukai keberadaan Chromium tersebut. Karena terkadang aplikasi ini diangap kerap kali menggangu. Bahkan hal paling sering dialami pengguna adalah kinerja laptop atau PC menjadi lambat.

Cara Menghapus Chromium Permanen di Laptop Windows 10

Cara Menghapus Chromium Permanen di Windows 10

Munculnya Chromium sendiri terkadang terbawa saat kita ingin menginstal sebuah aplikasi baru. Akan tetapi, meski hampir sama dengan browser pada umumnya. Terkadang aplikasi ini membawa virus sehingga banyak sekali orang yang ingin menghapusnya.

Lantas bagaimana cara menghapus chromium secara permanen? berikut ini akan GSMtrik.com rangkumkan metode paling mudah cara menghapus Chromium di Laptop atau PC dengan sistem operasi windows 10. Bagi kalian yang tertarik, silahkan simak artikel ini sampai akhir.

Apa Itu Chromium?

Apa Itu Chromium

Nah sebelum melanjutkan pembahasan mengenai cara menghapus Chromium secara permanen. Kami yakin ada dari kalian yang sampai saat ini masih belum mengetahui apa itu Chromium kan? Oleh karena itu mari kita kenali dudu apa itu Chromium.

Seperti kami singgung diatas, Chromium merupakan sebuah aplikasi browser layaknya Mozila, Opera, atau Chrome. Tetapi untuk lebih spesifiknya, Chromium adalah sebuah project dari pengembangan aplikasi browser yang dibuat agar bisa berjalan secara multi-platform serta memiliki basis open source.

Perbedaan Chromium dan Chrome

Perbedaan Chromium dan Google Chrome

Meski sama-sama merupakan aplikasi browser yang memiliki tampilan hampir serupa. Akan tetapi Chromium dan Chrome benar-benar berbeda. Karena keduanya memiliki spesifikasi teknis berbeda. Untuk mengetahui lebih mengenai hal tersebut berikut GSMtrik rangkumkan beberapa perbedaannya.

Google ChromeChromium
Lisensi freewareLisensi open source
Dikembangkan GoogleDikembangkan oleh komunitas browser open source
Hanya memiliki satu versi saja yang selali di update oleh GoogleMemiliki banyak versi lain yang berbeda

Dari tabel diatas bisa dilihat bahwa kedua aplikasi tersebut benar-benar berbeda. Bahkan bisa dibilang Chromium bukanlah sebuah virus. Tetapi karena aplikasi ini dikembangkan secara open-source, tidak menutup kemungkinan ada saja malware atau virus yang bisa masuk sehingga banyak orang menduga bahwa Chromium adalah virus.

Cara Menghapus Chromium Permanen

Apabila kalian merupakan seorang pekerja yang sering menjadikan layar laptop untuk presentasi dengan memanfaatkan teknologi mirroring atau MENAMPILKAN LAYAR HP KE LAPTOP, mungkin hadirnya Chromium akan cukup mengganggu. Hal tersebut karena membuat kinerja laptop semakin lemot.

Salah satu cara yang paling baik untuk membuat performa laptop kembali kencang adalah dengan cara menghapus Chromium tersebut. Lantas bagaimana cara menghapus Chromium tersebut secara permanen? Kalian dapat menggunakan fitur Uninstal Windows. Untuk lebih jelasnya berikut langkah-langkahnya.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah klik menu Start kemudian tuliskan Control Panel lalu pilih menu tersebut.
    Klik Start Pilih Control Panel
  2. Setelah itu tunggu beberapa saat hingga menu Control Panel pada Windows 10 kalian terbuka.
    Tunggu Hingga Menu Control Panel Terbuka
  3. Sampai disini silahkan kalian klik menu Program and Features untuk bisa masuk pada menu Uninstal Program yang ada di PC atau Laptop.
    Pilih Program and Features
  4. Pada halaman tersebut, langsung saja cari aplikasi Chromium kemudian klik kanan lalu pilih Uninstal.
    Klik Chromium Lalu Uninstall
  5. Jika muncul pop-up bertuliskan Uninstal Chromium, silahkan checklis pada kotak “also delete your browsing data?” lalu klik Uninstall.
    Checklist Kemudian Uninstall
  6. Terakhir silahkan tunggu sampai proses uninstall selesai dan aplikasi tersebut hilang dari Laptop atau PC.

Dengan melakukan langkah diatas, setidaknya kalian akan dapat dengan mudah dan cepat menghapus Chromium. Akan tetapi metode tersebut terkadang tidak menghapus seluruh file yang dimiliki oleh Chromium. Agar proses penghapusan benar-benar bersih, ikuti langkah tambahan dibawah ini.

  1. Pertama-tama silahkan buka menu Windows Explorer dengan shourtcut “Win + E”.
    Buka Windows Explorer
  2. Setelah itu dibagian atas, klik Tools > Folder Options > Lalu aktifkan Show Hidden Folder.
    Show Hidden Folder
  3. Lalu silahkan masuk pada directory C:\User\Nama User\App Data\Local\ di laptop atau PC kalian.
    Masuk Directory Instalasi Chromium
  4. Pada directory tersebut silahkan cari folder bernama Chromium.
  5. Jika sudah kalian temukan silahkan klik kanan folder tersebut kemudian klik Delete.

Apabila langkah diatas kalian lakukan dengan benar, maka secara otomatis aplikasi beserta file-file sampah sisa instalasi akan terhapus secara keseluruhan. Jangan lupa restart laptop atau PC tersebut.

Cara Hapus Chromium yang Tidak Bisa Dihapus

Jika cara menghapus Chromium diatas tidak berhasil membuatnya terhapus secara permanen, maka GSMtrik sarankan untuk menghapus dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti IObit Uninstaller atau CC Cleaner. Untuk panduan berikut kami contohkan dengan menggunakan IObit Uninstaller.

  1. Pertama silahkan instal aplikasi IObit Uninstaller ke PC atau Laptop.
  2. Kemudian buka aplikasi tersebut lalu cari aplikasi Chromium.
    Cari Aplikasi Chromium
  3. Jika sudah kalian temukan, klik aplikasi tersebut dan pilih Uninstall.
    Klik Uninstall Chromium
  4. Biasanya IObit Uninstaller akan menampilkan opsi untuk membuat restore point dan penghapusan residual files. Pada tahap ini silahkan pilih sesuai kebutuhan, namun disini mimin pilih residual file kemudian klik Uninstall.
    Pilih Residual Files Lalu Uninstall
  5. Sampai disini silahkan tunggu proses uninstall selesai
  6. Restar Laptop atau PC.

Seperti itu kiranya cara mudah menghapus Chromium secara permanen yang tidak bisa dihapus. Apakah cukup mudah untuk dilakukan? Jika iya perlu kami sampaikan bahwa metode diatas tidak hanya bisa digunakan untuk para pengguna Windows 10 saja. Tetapi juga bisa untuk pengguna Windows 7 dan Windows 8. Sekian dan semoga bisa bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Hasto

Sangat suka dengan hal yang berhubungan dengan dunia teknologi, game dan gadget dimana saat ini menjadi Co-Founder di Gsmtrik.