2 Cara Mengembalikan Bahasa Oppo Cina ke Indonesia 2020

Bagi pengguna HP Oppo memang kadang tidak sengaja melakukan perubahan bahasa entah itu dari settingan atau dial. Karena Oppo berasal dari Cina maka bahasa bawaan pabriknya adalah mandarin. Ketika terjadi perubahan pengaturan maka cara mengembalikan bahasa Oppo wajib dilakukan ke Indonesia.

Misalnya ketika membersihkan cache tidak sengaja menghapus pengaturan sehingga menyebabkan bahasa Oppo kembali ke default yaitu Cina. Seringkali juga ada yang tidak sengaja menekan dial *#008#. Nah dial *#008# merupakan fitur reset ke bahasa cina pada seri Oppo A83, F1, F7, F5, A37, A71, A3s, Neo 7, A5s, A57, A37F F8 serta masih banyak lainnya.

Cara Mengembalikan Bahasa Oppo Cina ke Indonesia

Cara Mengembalikan Bahasa Oppo

Jika tidak sengaja mengubah bahasa ke Cina maka kita perlu mengembalikan kembali. Terdapat 2 cara yang bisa kamu lakukan. Pertama adalah dengan mengakses menu pengaturan, sedangkan kedua melakukan hard reset. Lebih jelasnya kamu simak saja cara mengubah bahasa Oppo berikut ini.

1. Cara Mengganti Bahasa Oppo China ke Indonesia

Cara ini lebih aman dilakukan karena tidak akan menghapus data kalian. Namun kamu perlu memperhatikan tata letak dari pengaturan bahasa Oppo. Jangan sampai salah setting, supaya tidak bingung kamu bisa simak gambarnya.

  • Silahkan pergi ke pengaturan dengan menekan ikon bergerigi. Secara otomatis pengarturan muncul walaupun dengan bahasa asing.

Cara Mengganti Bahasa Oppo China ke Indonesia

  • Lanjutkan dengan menekan tulisan seperti pada gambar diatas, jika perlu samakan dengan tampilan pada HP Oppo kamu untuk mengakses menu bahasa.
  • Kemudian tekan bagian menu paling bawah dan dilanjutkan paling atas seperti gambar dibawah ini. Akan muncul pilihan bahasa, pilih yang Bahasa Indonesia.

merubah Bahasa Oppo China ke Indonesia

  • Secara otomatis bahasa HP Oppo sudah diganti menjadi Indonesia, sebagai tips jika tidak ada Indonesianya kalian bisa pilih English.

2. Mengembalikan Bahasa Lewat Hard Reset Oppo

Cara kedua untuk mengembalikan bahasa Oppo adalah dengan hard reset. Artinya semua data di smartphone Oppo akan dihapus dan dikembalikan seperti kondisi pabrikan awal. Namun begitu cara ini ampuh karena kamu akan dibawah ke tampilan setting awal baik bahasa maupun pemilih regionnya.

Mengembalikan Bahasa Lewat Hard Reset Oppo

  • Matikan smartphone Oppo dengan tombol power.
  • Akses mode recovery dengan cara menekan lalu tahan Power + Volume Bawah dengan bersamaan.
  • Secara otomatis akan masuk ke recovery mode dengan bahasa Inggris.
  • Gunakan Volume untuk navigasi kemudian Power untuk memilih.
  • Gerakkan kearah Wipe Data and Cache. lalu konfirmasi dengan YES.
  • Tunggu sampai prosesnya selesai, jika sudah arahkan ke Wipe Data and Cache lalu konfirmasi YES.
  • Apabila sudah selesai silahkan arahkan kemudian pilih Reboot.
  • Jika selesai restart maka akan tampil pengaturan Oppo untuk pertama kali.
  • Select Language pilih Bahasa Indonesia.
  • Lanjutkan dengan menyelesaikan pengaturan awal maka bahasa sudah diganti ke Indonesia.

Cara mengembalikan bahasa Oppo memang wajib dilakukan dengan teliti. Oppo memang jadi pilihan banyak orang karena fitur dalam softwarenya yang lengkap. Salah satunya adalah fitur screenshot Oppo yang dapat diakses dengan mudah. Namun begitu dasar operasi sistemnya dari Cina sehingga jangan heran apabila menjumpai beberapa fitur dengan bahasa mandarin.

You May Also Like

About the Author: Hasto

Sangat suka dengan hal yang berhubungan dengan dunia teknologi, game dan gadget dimana saat ini menjadi Co-Founder di Gsmtrik.