10 Cara Membuat Akun Whatsapp Pribadi & Bisnis ANTI RIBET!

Cara Membuat Akun Whatsapp – Siapa yang tidak kenal dengan WhatsApp atau WA sekarang ini. Menjadi aplikasi pesan instan dan chat paling populer di dunia, kini WhatsApp memiliki jumlah pengguna lebih dari 1 miliar akun aktif di berbagai belahan dunia.

Bahkan tak hanya memberi kemudahan dalam hal komunikasi. Sekarang ini WhatsApp bisa di aplikasikan untuk memperlancar usaha para pengguna dengan adanya WhatsApp bisnis atau WA business. Untuk membuat akun WhatsApp pribadi atau bisnis setidaknya dibutuhkan satu nomor HP aktif.

Cara Membuat Akun WhatsApp Pribadi & Bisnis Terbaru

Cara Membuat Akun WhatsApp Pribadi Bisnis Terbaru

Nomor tersebut digunakan sebagai induk atau bukti kepemilikan akun WhatsApp. Selain nomor HP tentu saja ada beberapa hal lain yang perlu disiapkan. Oleh karena itu disini GSMTrik akan berbagi tutorial tentang cara membuat akun WhatsApp baik itu WA pribadi atau WA bisnis.

Pentingnya Akun WhatsApp

Pentingnya Akun WhatsApp

Penggunaan WhatsApp tak hanya dipakai untuk kepentingan komunikasi dan berkirim pesan saja. Tetapi ada hal lain yang bisa dilakukan pengguna ketika menggunakan WhatsApp seabgai aplikasi chating.

Salah satunya bisa dipakai untuk keperluan BERKIRIM GAMBAR dan juga berkirim stiker WhatsApp serta bisa digunakan juga untuk keperluan promosi usaha lewat STATUS WHTSAPP di fitur story dan juga etalase (khusus pada akun WA tipe bisnis).

Melihat pentingnya kepemilikan akun WhatsApp sekarang ini, tidak jarang banyak pengguna yang memiliki dua akun WhatsApp di dalam perangkat HP atau tablet yang mereka gunakan.

Bahkan dalam penggunannya WhatsApp juga bisa diakses atau di buka lewat WhatsApp Web dan WhatsApp PC/Laptop baik Windows ataupun Mac OS. Dengan begitu penggunaan WhatsApp akan lebih mudah dan lebih fleksible.

Syarat Membuat Akun WhatsApp

Syarat Membuat Akun WhatsApp

Nah dengan mengetahui pentingnya memiliki akun WhatsApp untuk era milenial seperti sekarang. Tentu banyak orang yang ingin membuat akun WA guna kemudahan berkomunikasi dan promosi.

Oleh sebab itu, pada artikel terbaru GSMTrik ini, kami akan berbagi pengalaman membuat akun WA pribadi atau akun WhatsApp bisnsi. Namun sebelum itu pastikan kalian lengkapi dulu beberapa syarat ketika membuat akun WhatsApp, seperti:

  1. Perangkat baik HP Android, iOS, PC/Laptop Windows dan Mac OS.
  2. Aplikasi WhatsApp yang bisa didownload gratis di Play Store, App Store atau langsung lewat website resmi WhatsApp.
  3. Memiliki nomor HP aktif untuk verifikasi data lewat kode OTP (One-Time Password) yang dikirim.
  4. Alamat email aktif sebagai tempat backup semua data WhatsApp.
  5. Serta koneksi internet, karena untuk mendaftar akun WhatsApp dibutuhkan koneksi internet.

Cara Membuat Akun WhatsApp Pribadi

Ada dua tipe akun WhatsApp yang bisa dipakai, yaitu tipe akun pribadi dan tipe akun bisnis. Jika sekedar dipakai untuk berkomunikasi antar teman, keluarga atau pekerjaan, kami sarnakn untuk membuat akun WhatsApp tip pribadi. Caranya adalah.

1. Buka Aplikasi WhatsApp

Buka Aplikasi WhatsApp Pribadi

Terlebih dahulu silahkan download dan instal aplikasi WhatsApp pribadi sesuai dengan tipe HP yang digunakan. Jika menggunakan android download langsung dari Play Store. Jika menggunakan iOS download langsung dari App Store.

2. Klik Setuju & Lanjutkan

Klik Setuju dan Lanjutkan

Apabila sudah berhasil terdownload dan terinstal, lanjutkan dengan membuka aplikasi WhatsApp untuk pertama kali. Setelah itu klik menu bertuliskan “Setuju & Lanjutkan” / “Agree & Continue”.

3. Pilih Negara

Pilih Negara

Sampai disini, kalian akan dihadapkan dengan tampilan yang mengharuskan untuk memilih negara. Silahkan kalian tap dan cari Indonesia lalu pilih.

4. Masukan Nomor HP

Masukan Nomor HP

Tahap berikutnya yaitu memasukan nomor HP yang kalian punya. Pastikan awalannya menggunakan +62 sebagai ganti 0. Lalu masukan nomor kalian dan tap Lanjut untuk mengirim kode OTP. Pastikan bahwa nomor bisa menerima SMS.

5. Masukan Kode OTP

Verifikasi Kode OTP

Pada halaman selanjutnya kalian diminta untuk memasukan kode OTP yang dikirim ke nomor HP terdaftar. Silahkan masukan Kode OTP yang biasanya terdiri dari 6 digit angka lalu tunggu hingga masuk ke halaman pencadangan.

6. Pilih Pencadangan

Pilih Pencadangan

Silahkan pilih alamat email yang sudah kalian siapkan untuk membackup semua data WhatsApp. Biasanya data yang terbackup meliputi isi chatingan, gambar dan video serta voice note.

7. Masukan Detail Profil

Masukan Detail Profil

Disini silahkan kalian isi nama akun WA kalian dan juga atur foto profil yang ingin digunakan. Pada tahap ini bisa dengan memilih foto yang ada pada album galery dengan cara klik ikon foto di bagian profil dan selesai.

Cara Membuat Akun WhatsApp Bisnis

Tipe akun WA diatas adalah tipe pribadi, lalu bagimana cara membuat akun WhatsApp bisnis? Untuk membuatnya sebenarnya tidak ada perbedaan langkah namun ada tambahan langkah yang harus kalian lakukan agar akun WA bisnis siap dipakai.

1. Download WhatssApp Business

Download dan Instal WA Business

Pertama download dan instal apliaksi WhatsApp business atau WhatsApp bisnis sesuai tipe HP yang dipakai, jika memakai android download langsung di play store dan jika memakai iOS download langsung di app store.

2. Pilih Agree & Continue

Klik Agree dan Continue

Sama seperti diatas, ketika sudah berhasil didownload buka aplikasi untuk masuk ke halaman awal WhatsApp Bisnis. Pada halaman ini pilih Agree & Continue.

3. Pilih Negara & Masukan No HP

Pilih Negara dan Masukan Nomor HP

Lanjutkan dengan memilih negara Indonesia dan masukan nomor HP yang akan didaftarkan untuk WhatsApp Bisnis. Pastikan memasukan nomor HP tanpa angka 0 karena dibagian depan sudah ada kode negara +62. Klik Selesai dan konfrimasi nomor dengan tekan OK.

4. Masukan Kode OTP

Masukan Kode OTP

Pada tahap ini kalian akan diminta untuk memasukan 6 digit kode OTP yang dikirim ke nomor HP terdaftar. Jadi pastikan nomor HP aktif dan bisa menerima SMS masuk.

5. Atur Profil

Atur Profil Bisnis

Sampai pada halaman ini, kalian akan diminta untuk memasukan detail profil seperti nama usaha dan foto profil usaha kalian. Kemudian klik Selanjutnya atau Next.

6. Atur Info Bisnis

Atur Info Bisnsi

Pada langkah selanjutnya kalian harus mengatur info bisnis kalian dengan cara klik Explore Tools yang muncul atau bisa langsung masuk ke menu pengaturan akun WhatsApp Bisnis. Disini ada beberapa hal yang perlu diatur seperti :

  • Profil Bisnis : Menu untuk mengatur fotor profil, nama bisnis, deskripsi bisnis atau usaha, alamat, website, dan keterangan jam buka.
  • Katalog : Menu yang dibuat untuk mengatur dan mengedit katalog dari produk yang kalian pasarkan.
  • Replay Cepat : Fungsi menu ini untuk mengatur pesan balasan secara cepat dan otomatis jika ada customer yang mengirim pesan. Kalian bisa atur bunyi pesan sesuai dengan kebutuhan.
  • Label : Untuk mengatur pesanan yang masuk mulai dari kustomer baru, order baru, pembayaran tertunda, terbayar, pesanan selesai.

Apabila semua langkah diatas telah kalian selesaikan dan lengkapi, maka proses pembuatan akun WA bisnis pun telah selesai. Dan kini kalian bisa melakukan promosi produk yang ingin dipasarkan dengan begitu mudah.

Bagaimana cukup gampang bukan cara membuat akun WhatsApp pribadi dan bisnis itu? Jika baru pertama kali, pastikan ikuti langkah demi langkah yang sudah GSMtrik rangkum diatas agar proses pembuatan akun WA dapat berjalan mulus dan lancar.

You May Also Like

About the Author: Hasto

Sangat suka dengan hal yang berhubungan dengan dunia teknologi, game dan gadget dimana saat ini menjadi Co-Founder di Gsmtrik.