10 Cara Berhenti Berlangganan First Media 2022: Syarat, Alasan, & Biaya

Cara Berhenti Berlangganan First Media – Mengurangi beban tagihan di rumah dapat dimulai dari mengurangi penggunaan internet rumahan. Salah satunya adalah dengan berhenti langganan First Media. Namun apa saja prosedur yang harus ditempuh?

Cara Berhenti Berlangganan First Media

Pastinya Anda sudah pernah mendengar tentang First Media sebagai salah satu penyedia layanan TV kabel dan internet ternama di Indonesia. Namun entah mengapa saat ini ada beberapa pihak yang mencari cara berhenti berlangganan First Media.

Namun informasi mengenai cara berhenti berlangganan First Media tersebut nampaknya belum banyak tersedia di jagat dunia maya. Oleh karena itu masih ada beberapa pelanggan yang pusing dan memikirkan prosedur berhenti langganannya.

Guna membantu rekan-rekan pelanggan dalam mengatasi masalah tersebut, maka GSMTrik akan berikan solusinya secara lengkap. Jadi pastikan Anda tidak melewatkan setiap poin pembahasan agar cara berhenti berlangganan First Media dapat berjalan lancar.

Syarat Berhenti Langganan First Media

Pastinya ada suatu alasan tertentu yang akhirnya membuat pelanggan memutuskan untuk berhenti langganan First Media. Namun adanya kebijakan dan prosedur membuat perusahaan harus memberikan persyaratan bagi masyarakat ketika hendak berhenti berlangganan.

Berikut beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk berhenti langganan First Media.

  • Sudah berlangganan setidaknya 12 bulan sejak awal pemasangan.
  • Adanya pemberitahuan pada First Media tentang penghentian berlangganan setidaknya 14 hari sebelum masa pembayaran tagihan.
  • Sudah melunasi seluruh kewajiban termasuk tagihan di bulan-bulan sebelumnya.
  • Masih menyimpan seluruh perangkat dari First Media secara lengkap dan utuh.

Ketentuan Berhenti Langganan First Media

Selain syarat, adapula ketentuan yang harus dipatuhi oleh semua pelanggan ketika hendak melakukan pemutusan layanan. Hal tersebut bahkan sudah disetujui oleh pelanggan sejak awal persetujuan penggunaan layanan jasa First Media.

Berikut beberapa ketentuan pemutusan status berlangganan First Media.

  • Pelanggan wajib melunasi seluruh tagihan tak terbayar di bulan-bulan sebelumnya.
  • Apabila berhenti berlangganan dilakukan sebelum 12 bulan sejak awal pemakaian, maka akan diberlakukan denda.
  • Pelanggan wajib mengembalikan seluruh perangkat yang dipinjamkan oleh pihak First Media ketika mengehentikan status berlangganan.
  • Pengembalian barang dilakukan selambat-lambatnya 3 hari sejak pemutusan berlangganan.
  • Apabila sudah melewati masa pengembalian barang, maka pihak First Media melalui Link Net berhak melakukan pengambilan perangkat secara langsung.
  • Semua ketentuan di atas sudah disetujui oleh pelanggan dan ditandatangani secara sadar oleh pengguna layanan sebelum mulai pemasangan.

Daftar Cara Berhenti Berlangganan First Media Terlengkap

Setelah dirasa mampu memenuhi syarat dan mematuhi semua ketentuan, maka tibalah saatnya membahas cara berhenti berlangganan. Tentunya semua cara atau metode yang tercantum dalam daftar ini sudah sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Berikut beberapa cara berhentia berlangganan First Media secara lengkap.

1. Berhenti Berlangganan via Email

Cara pertama yang dapat digunakan sebagai sarana berhenti berlangganan adalah mengirim informasi melalui Email. Cukup ketikan pesan di bagian kolom email dan utarakan maksud serta tujuan berhenti langganan pada pihak First Media.

Namun perlu diingat bahwa Anda berlangganan dengan cara yang baik. Maka akan lebih bijak apabila isi email juga diutarakan dengan cara yang baik pula. Apabila Anda masih belum memiliki referensi isi email untuk pihak first media, maka silahkan gunakan format berikut ini.

“Kepada Yth. Pihak First Media

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama Pelanggan:
ID Pelanggan:
Nomor HP:
Email Terdaftar:

Memutuskan untuk menghentikan seluruh layanan (Nama Paket Pilihan) karena sejumlah alasan yang kami jadikan sebagai bahan pertimbangan. Besar harapan kami pihak First Media mampu menindaklanjuti permohonan mengingat pesan ini dikirimkan 14 hari sebelum jatuh tempo pembayaran.

Demikian pesan ini kami sampaikan dengan sebenar-benarnya tanpa mengurangi rasa hormat. Terima kasih atas segala pelayanan dan respon positif terhadap semua keluhan kami.

Hormat Saya,

(Nama Pelanggan)”

Silahkan kirimkan email tersebut ke alamat customer.service@linknet.co.id dengan judul “Surat Permohonan Berhenti Berlangganan“. Tunggu beberapa saat dan pihak First Media akan segera membalas pesan tersebut.

Selang berapa hari setelah mengirim email, pihak First Media akan mendatangi kediaman Anda. Siapkan seluruh perangkat yang dipinjamkan dalam kondisi baik dan cara berhenti berlangganan sudah berhasil dilakukan.

2. Berhenti Berlangganan via Call Center

Apabila penggunaan email dirasa kurang efisien dan efektif untuk melakukan pemutusan layanan, maka pelanggan dapat memanfaatkan fitur Call Center milik First Media. Nantinya pelanggan dapat berinteraksi secara lisan dengan Customer Service (CS) sebagai cara berhenti berlangganan.

Berikut daftar layanan Call Center resmi yang dimiliki oleh pihak First Media.

AreaCall Center First Media
Jakarta(021) 2559 6595
Bandung(022) 8734 6500
Surabaya(031) 2950 700
Malang(0341) 330 1030
Medan(061) 4106 1000
Batam(0778) 5707 222
Tegal(0283) 2910 000
Yogyakarta(0274) 4605 290
Kediri(0354) 2810 107
Bali(0361) 2015 097

Setelah berhasil mengumpulkan data Call Center First Media tersebut, maka silahkan pilih salah satunya sebagai cara menghubungi CS. Langsung hubungi layanan dan utarakan maksud serta tujuan secara baik untuk berhenti berlangganan.

3. Berhenti Berlangganan via Media Sosial

First Media juga memiliki sejumlah akun Official media sosial aktif untuk menyapa seluruh penggunanya di jagat dunia maya. Silahkan manfaatkan seluruh media sosial yang tersedia seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan Tiktok sebagai cara berhenti berlangganan.

Berikut beberapa akun media sosial resmi dari First Media.

4. Berhenti Berlangganan via Kantor Perusahaan

Apabila beberapa cara via jalur komunikasi belum membuahkan hasil, maka langsung saja kunjungi kantor perusahaan First Media yang ada di kota Anda. Cara ini lebih efektif karena pelanggan dapat melakukan proses berhenti berlangganan secara langsung.

Namun sebelumnya pastikan jika kantor First Media sudah tersedia di kota Anda. Apabila ternyata kota domisili di luar cakupan kantor First Media, maka mau tidak mau cara berhenti langganan menggunakan jalur komunikasi adalah solusi terbaik.

Alasan Berhenti Berlangganan First Media

Ketika sudah berinteraksi dengan Customer Service First Media, sudah menjadi sebuah kewajaran apabila nantinya Anda akan dimintai alasan. Tentu saja alasan yang masuk akal terkait berhenti berlangganan akan lebih mudah diterima dan diproses layaknya Cara Berhenti Berlangganan Indihome.

Berikut beberapa alasan untuk mulai berhenti langganan First Media.

  • Kurangnya performa layanan di wilayah tempat Anda tinggal.
  • Tagihan yang membengkak secara tiba-tiba tanpa ada konfirmasi terlebih dahulu.
  • Kondisi finansial yang tidak memungkinkan untuk melanjutkan paket langganan.

Biaya Berhenti Langganan First Media

Pada dasarnya biaya hanya berlaku pada pelanggan yang berhenti berlangganan sebelum 12 bulan pemakaian. Nantinya besaran biaya akan diakumulasi menjadi denda dengan besaran Rp. 500.000,00. Namun jika keputusan dibuat setelah penggunaan lebih dari 12 bulan, maka tidak ada biaya apapun.

Mengapa Ada Denda Berhenti Langganan First Media

Denda tersebut sebelumnya sudah tertera pada lembaran kontrak berlangganan yang Anda tanda tangani sebelum menyetujui penggunaan layanan. Setidaknya terdapat 2 (dua) poin yang membahas tentang hal tersebut di dalam lembaran kontrak.

Berikut 2 (dua) poin di lembaran kontrak terkait denda berhenti berlangganan.

1. Persetujuan Penggunaan Layanan

Saya menyetujui penggunaan layanan First Media dalam kurun waktu 12 bulan

2. Persetujuan Denda Berhenti Berlangganan

Saya menyetujui akan adanya sanksi atau denda apabila dikemudian hari:
– Terjadi pemutusan berlangganan First Media sebelum 12 bulan.
– Merubah paket berlangganan ke tingkat lebih rendah sebelum 12 bulan.

Kesimpulan

Pasti selalu ada pertimbangan tertentu yang akhirnya membuat masyarakat akhirnya memutuskan untuk berhenti berlangganan First Media. Namun selalu ingat untuk memenuhi segala pesyaratan dan mematuhi ketentuan berlaku agar proses dapat berjalan lancar.

Sekian pembahasan mengenai prosedur berhenti langganan First Media dari GSMTrik. Nantikan semua update informasi teknologi dari kami setiap harinya. Semoga pembahasan ini mampu membantu Anda yang sedang atau akan memutuskan untuk menghentikan layanan.

You May Also Like

About the Author: Hasto