20 Aplikasi Tidak Berguna di HP Android & iOS

Aplikasi Tidak Berguna – Aplikasi merupakan software yang dibuat untuk berbagai macam keperluan, seperti misalnya aplikasi CapCut yang digunakan untuk edit video, aplikasi Whatsapp yang digunakan untuk chatting dan masih banyak lagi aplikasi yang ada.

Aplikasi ini sendiri dibuat berdasarkan perangkat yang akan digunakan, oleh karena itu ada aplikasi untuk desktop, mobile atau TV. Namun untuk kesempatan hari ini, kami ingin membahas tentang aplikasi tidak berguna di HP Android dan iOS.

Mungkin saja ada diantara kalian ada yang bertanya-tanya, apa saja aplikasi yang tidak berguna. Oleh karena itu, kami ingin membantu dengan memberikan informasi ini. Dengan begitu, kalian tidak perlu menginstal aplikasi yang tidak digunakan tersebut.

Karena menginstal aplikasi di handphone sendiri akan memakan ruang penyimpanan, sehingga akan sangat di sayangkan apabila aplikasi yang di instal tersebut tidak memiliki kegunaan. Karena hanya menghabiskan ruang penyimpanan saja.

Aplikasi Tidak Berguna di HP

Kenapa Aplikasi Tidak Berguna

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, dimana aplikasi tidak berguna ini hanya akan menghabiskan ruang penyimpanan saja. Apabila aplikasi tersebut tidak pernah digunakan atau tidak memiliki manfaat, maka sebaiknya aplikasi tersebut dihapus.

Dan untuk kalian yang sekiranya belum terlanjur menginstal aplikasi tersebut, maka alangkah baiknya untuk tidak menginstal aplikasi tidak berguna tersebut. Karena masih banyak aplikasi berguna yang bisa kalian instal, baik itu di Google Play atau App Store.

Apa Saja Aplikasi Tidak Berguna

Google Play dan App Store merupakan tempat download aplikasi resmi untuk handphone Andorid dan iOS, dimana kedua tempat download tersebut menyediakan banyak jenis aplikasi. Mulai dari aplikasi yang bermanfaat sampai dengan yang tidak berguna.

Nah, berikut ini adalah beberapa aplikasi tidak berguna yang kami sarankan untuk tidak kalian download atau instal.

1. Clean Master

Aplikasi pertama adalah Clean Master. Aplikasi ini merupakan aplikasi untuk pembersih file di handphone. Namun setiap handphone sudah memiliki fitur pembersih file sendiri pada menu pengaturan, terutama untuk membersihkan cache pada handphone.

Sehingga untuk lebih menghemat ruang penyimpanan, maka tidak perlu download atau instal aplikasi Clean Master atau sejenisnya. Karena membersihkan cache pada handphone sendiri sudah dapat dilakukan melalui menu pengaturan pada HP.

2. Battery Saver

Battery Saver merupakan aplikasi yang berfungsi untuk menghemat konsumsi baterai di handphone, namun pada dasarnya konsumsi baterai sendiri tegantung dari kondisi baterai itu sendiri dan juga bagaimana cara penggunaan handphone.

Apabila handphone tersebut sering digunakan untuk bermain, maka konsumsi baterai pada handphone tersebut akan tetap banyak dan kapasitas baterai akan tetap cepat habis. Meskipun sudah menggunakan aplikasi tambahan battery saver.

3. File Manager

File Manager merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengetahui seluruh file yang ada pada handphone, dimana melalui File Manager pengguna dapat menghapus, edit atau copy file. Akan tetapi, aplikasi File Manager sendiri biasanya sudah ada pada handphone.

Sehingga kami sarankan kepada kalian tidak perlu download atau instal lagi aplikasi File Manager lainnya, karena hal tersebut akan menambah kapasitas ruang penyimpanan saja. Dan aplikasi tersebut juga pastinya tidak akan sering digunakan.

4. Penerjemah Bintang

Aplikasi berikutnya adalah aplikasi Penerjemah Binatang. Aplikasi ini memang tersedia di Google Play atau App Store, dimana fungsi aplikasi ini adalah untuk menerjemahkan suara binatang. Akan tetapi aplikasi tersebut tidak dapat menerjemahkan suara binatang secara asli.

5. Virtual Hand Sanitizer

Aplikasi selanjutnya yang tidak berguna adalah aplikasi Hand Sanitizer. Dimana aplikasi ini tidak berbeda jauh dengan aplikasi virtual senjata atau aplikasi virtual lainnya, dimana aplikasi tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Hanya menampilkan gambar saja.

6. Fartr

Apabila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, kata Fart adalah Kentut. Dan aplikasi Fartr ini adalah aplikasi untuk menilai seberapa kuat kekuatan kentut yang dihasilkan. Akan tetapi, penilaian tersebut sama sekali tidak akurat. Oleh karena itu, aplikasi ini termasuk salah satu aplikasi tidak berguna.

7. PoopLog

Aplikasi selanjutnya adalah PoopLog. PoopLog merupakan aplikasi yang digunakan untuk menghitung kotoran yang telah dihasilkan, aplikasi ini mungkin tergolong bagus untuk mengetahui seberapa sehat tubuh kalian dari jumlah kotoran yang dikeluarkan.

Akan tetapi, aplikasi tersebut sangat merepotkan, karena pengguna harus melihat jumlah kotoran yang sudah dibuang. Selain itu, bentuk dan warna dari kotoran yang dihasilkan juga harus diperhatikan. Karena setiap bentuk dan warna memiliki penilaian sendiri.

8. RAM Booster

Sesuai dengan namanya, RAM Booster merupakan aplikasi yang digunakan untuk mempercepat kinerja RAM handphone. Namun pada dasarnya aplikasi tersebut sama sekali tidak berguna, karena aplikasi tersebut tidak dapat meningkatkan kinerja RAM HP.

9. WIFI Booster

Tidak berbeda jauh dengan RAM Booster, WIFI Booster juga memiliki fungsi untuk meningkatkan kekuatan sinyal WIFI pada handphone. Namun pada kenyataannya, aplikasi tersebut tidak dapat memberikan hasil sesuai dengan harapan. Karena hal tersebut tetap tergantung dari kekuatan sinyal WIFInya sendiri.

10. Bixby

Bixby sendiri merupakan aplikasi bawaan untuk handphone Samsung. Dimana aplikasi ini termasuk ke dalam jenis aplikasi smart assistant, seperti halnya Google Assistant atau SIRI. Akan tetapi aplikasi tersebut tidak memilliki kemampuan yang cukup baik seperti Google Assistant atau SIRI.

11. Clone App

Aplikasi tidak berguna selanjutnya adalah Clone App. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang digunakan untuk clone sebuah aplikasi pada handphone. Aplikasi ini sebenarnya dapat berguna untuk sebagian orang, akan tetapi tidak banyak orang yang membutuhkan aplikasi tersebut.

12. Anti Mosquito Sound

Sesuai dengan namanya, Anti Mosquito Sound merupakan aplikasi suara untuk mengusir nyamuk. Namun pada dasarnya aplikasi tersebut tidak dapat benar-benar mengusir nyamuk. Karena nyamuk sendiri bisa diusir menggunakan aroma, bukan menggunakan suara.

13. Useless Button

Useless Button merupakan aplikasi virtual button seperti halnya aplikasi Virtual Hand Sanitizer. Dimana aplikasi ini hanya menampilkan sebuah gambar button yang nantinya dapat di pencet apabila disentuh, namun tidak memberikan efek apapun.

14. Electric Shaver

Electric Shaver merupakan aplikasi virtual sama seperti aplikasi Useless Button atau Virutal Hand Sanitizer. Dimana aplikasi ini akan menampilkan bentuk Shaver dengan sound yang sangat mirip aslinya, namun aplikasi ini tidak dapat digunakan untuk membersihkan bulu seperti alat aslinya.

15. Hodor Keyboard Lite

Hodor Keyboard Lite merupakan aplikasi keyboard yang dapat digunakan untuk mengetik seperti keyboard bawaan pada handphone umumnya. Aplikasi keyboard tambahan ini dirasa tidak berguna, karena tidak memiliki kelebihan lain selain digunakan untuk mengetik.

16. Virtual Cigarette Smoking

Virtual Cigarette Smoking tidak berbeda jauh dengan aplikasi virtual lainnya yang sudah kami sebutkan beberapa diantaranya diatas. Dimana aplikasi ini akan menampilkan gambar rokok atau cigarette yang seakan-akan dapat kalian hisap.

17. iBeer

iBeer merupakan salah satu contoh aplikasi virtual lainnya sama seperti virtual cigaretter yang telah kami bahas sebelumnya. Dimana aplikasi ini akan menampilkan gambar beer, dan pada saat posisi handphone dimiringkan, beer tersebut akan terlihat seperti sedang diminum.

18. Lick The Icicle

Lick The Icicle merupakan aplikasi yang akan menampilkan sebuah tetasan es dengan bentuk segitiga. Dimana aplikasi juga tidak berbeda jauh dengan aplikasi virtual lainnya, dan aplikasi ini sama sekali tidak berguna karena tidak ada manfaat yang bisa didapatkan dari aplikasi tersebut.

19. Ghost Radar

Sesuai dengan namanya, Ghost Radar merupakan aplikasi pendeteksi hantu. Dari tampilan aplikasi, nantinya akan terlihat sebuah titik-titik yang disinyalir merupakan hantu. Akan tetapi, aplikasi tersebut tidak benar-benar dapat mendeteksi keberadaan hantu.

20. Yo App

Aplikasi Yo merupakan aplikasi yang berfungsi untuk mengirimkan pesan “Yo” dengan mudah, namun pesan tersebut hanya dapat dikirimkan kepada sesama pengguna aplikasi Yo saja. Dan selain pesan “Yo”, aplikasi ini tidak dapat mengirimkan pesan lainnya.

Cara Hapus Aplikasi Bawaan

Aplikasi yang tidak berguna sendiri memang kebanyakan merupakan aplikasi bawaan dari handphone, karena saat ini sudah banyak handphone bundling dengan beberapa aplikasi. Akan tetapi aplikasi bawaan tersebut sebenarnya tidak dapat dihapus.

Terkecuali kalian melakukan root untuk tipe HP Android dan jailbreak untuk tipe HP iOS. Paling tidak, aplikasi bawaan tersebut hanya dapat di nonaktifkan dengan cara diberhentikan paksa. Setelah itu pastikan aplikasi tidak pernah dibuka agar tidak memakan space cache.

Mungkin cukup sekian dulu informasi mengenai daftar aplikasi tidak berguna yang pada kesempatan hari ini dapat GSMTrik berikan, mudah-mudahan saja informasi yang baru kami berikan diatas tadi dapat memberikan banyak manfaat bagi kalian.