Apakah Akun Dana Biasa Bisa Tarik Tunai? Ini Penjelasannya!

Apakah Akun Dana Biasa Bisa Tarik Tunai – Penggunaan layanan dompet digital memang dikenal lebih banyak dipilih ketimbang beberapa aplikasi keuangan digital lainnya. LinkAja, DANA, Gopay, ShopeePay dan beberapa lagi lainnya menjadi daftar dompet digital yang banyak digunakan. Berbicara mengenai fitur, layanan tersebut memiliki fitur yang tidak berbeda jauh dengan fasilitas Mobile Banking perbankan pada umumnya, namun ada yang beranggapan bahwa fitur dompet digital lebih lengkap.

Dari beberapa layanan dompet digital, disini kami akan membahas mengenai DANA. Membahas sedikit mengenai DANA, DANA adalah dompet digital Indonesia yang didesain untuk menjadikan setiap transaksi non-tunai dan non-kartu secara digital, baik online maupun offline dapat berjalan dengan cepat, praktis dan tetap terjamin keamanannya. Bagi kalian para pengguna DANA mungkin sudah tahu bahwa DANA memiliki 2 jenis akun pengguna, yakni DANA biasa dan juga DANA Premium.

Kedua jenis akun ini tentu memiliki perbedaan, dari segi limit transfer, top up dan fitur nya. Untuk fitur, DANA Premium jelas lebih lengkap daripada DANA biasa. Ada beberapa pertanyaan terkait tarik tunai di akun DANA, apakah akun DANA bisa bisa penarikan tunai? Pertanyaan ini banyak dilontarkan oleh beberapa pengguna baru DANA. Mengenai pertanyaan apakah akun DANA biasa bisa tarik tunai, ini akan menjadi topik utama di pertemuan kali ini yang akan kami sampaikan kepada kalian semua.

Bukan hanya itu saja, masih ada beberapa poin penting terkait hal ini yang juga akan turut serta kami bahas nantinya. Maka dari itu kalian bisa terus simak pembahasan kali ini sampai akhir agar mendapatkan jawaban pasti pertanyaan apakah akun DANA biasa bisa tarik tunai. Baiklah tanpa berlama-lama lagi, lebih baik langsung saja kita simak informasi terlengkap mengenai apakah akun DANA biasa bisa tarik tunai yang telah gsmtrik.com siapkan berikut ini.

Apakah Akun Dana Biasa Bisa Tarik Tunai

Apakah Akun Dana Biasa Bisa Tarik Tunai?

Pada pembahasan awal disini kami akan langsung masuk ke poin utama yaitu apakah akun Dana biasa bisa tarik tunai. Mengenai apakah akun DANA biasa bisa tarik tunai, kalian tentu harus mengetahui lebih dulu apa perbedaan kedua akun DANA, baik biasa maupun Premium. Mudahnya, perbedaan diantara keduanya adalah terletak pada fitur dan juga limit saldo. Dimana fitur DANA Premium sudah pasti lebih lengkap, kemudian limit saldo juga lebih besar dibandingkan dengan akun DANA biasa.

Mengenai fitur DANA Premium, disini para pengguna DANA dengan akun Premium sudah bisa menggunakan fitur tarik tunai saldo. Dimana untuk minimal penarikan adalah Rp 50.000 dan maksimal Rp 250.000 untuk penarikan pertama dan selanjutnya maksimal Rp 1.000.000. Dari sini kalian tentu bisa mengetahui bahwasanya akun DANA biasa tidak bisa digunakan untuk penarikan tarik tunai. Untuk bisa menikmati fitur tarik tunai saldo DANA, maka pengguna akun DANA biasa bisa melakukan upgrade DANA Premium terlebih dahulu. Adapun langkah-langkah upgrade DANA Premium, kalian bisa simak berikut ini.

  • Buka aplikasi DANA
  • Tap Saya
  • Tap Verifikasi Akun Saya
  • Foto eKTP
  • Selfie di tempat terang, pastikan wajah terlihat jelas
  • Pastikan data sesuai eKTP & submit
  • Verifikasi DANA Premium berhasil!

Syarat & Cara Tarik Tunai Saldo DANA

Setelah mengetahui beberapa pembahasan diatas terkait poin apakah DANA biasa bisa tarik tunai, berikutnya kita akan menjelaskan mengenai syarat dan juga cara tarik tunai saldo DANA. Untuk proses tarik tunai saldo DANA ini bisa dilakukan dengan mudah. Kalian bisa menarik saldo DANA melalui Alfamart maupun ke rekening BANK. Adapun langkah-langkah tarik tunai saldo DANA adalah sebagai berikut.

1. Cara Tarik Tunai Saldo DANA Lewat ATM BCA

  • Login ke aplikasi DANA menggunakan username dan password
  • Pada halaman utama klik “Kirim”
  • Pilih “Tarik Tunai”
  • Klik “Bank Central Asia”
  • Masukkan jumlah penarikan yang diinginkan. Adapun jumlah minimum nominal yang ditarik adalah Rp 100.000 dan maksimal Rp 10 juta
  • Klik tombol “Konfirmasi”
  • Kemudian akan muncul enam digit kode transaksi dan user ID yang akan digunakan untuk tarik tunai di ATM BCA Pada ATM BCA pilih “Transaksi tanpa kartu”
  • Lanjutkan hingga proses tarik tunai DANA tanpa kartu di ATM BCA sukses

2. Cara Tarik Tunai Saldo DANA Lewat Alfamart

  • Datang ke Alfamart terdekat.
  • Sampaikan kepada kasir bahwa kalian ingin melakukan penarikan saldo DANA dalam bentuk tunai.
  • Buka aplikasi DANA dan lakukan login.
  • Pilih menu “Lihat Semua”. Scroll ke bawah, pilih “Tarik Saldo”. Pilih Alfamart sebagai agen pencairan DANA. Aplikasi DANA akan menampilkan kombinasi kode token yang berlaku hanya hingga 5 menit.
  • Apabila token tersebut kadaluwarsa, kalian masih bisa meminta token baru dengan menekan tombol “Show Token” dan memasukkan PIN DANA.
  • Sebutkan kode token kepada kasir.
  • Kasir akan bertanya jumlah penarikan dana yang diinginkan. Alfamart menawarkan penarikan tunai DANA dengan jumlah minimum sebesar Rp 50.000 dan nominal maksimal mencapai Rp 1 juta untuk tiap transaksi.
  • Tunggu hingga kasir selesai memproses permohonan penarikan tunai.
  • Apabila transaksi berhasil, kasir akan memberikan uang tunai sejumlah nominal yang kalian minta. Saldo DANA akan otomatis berkurang.

Kesimpulan

Mengenai pembahasan diatas, bisa disimpulkan bahwasanya akun DANA biasa tidak bisa digunakan untuk penarikan tunai saldo DANA. Jika kalian ingin menarik saldo DANA, maka kalian harus lebih dulu mengupgrade akun DANA menjadi Premium. Penarikan tunai saldo DANA bisa dilakukan melalui ATM BCA, Alfamart maupun Pegadaian. Ketahui juga bahwa untuk penarikan saldo melalui ATM BCA, kalian akan dikenai biaya admin sebesar Rp 45000.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai apakah akun DANA biasa bisa tarik tunai. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat gsmtrik.com sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

You May Also Like

About the Author: Hasto